Dwiyanti, Chelsea Iles (2025) Model Problem Based Learning berbantu penilaian portofolio untuk meningkatkan kompetensi literasi sains pada materi Bioproses Sel. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (229kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Kurangnya pemahaman siswa untuk mengaitkan konsep sains dengan ide-ide ilmiah, dapat diatasi dengan model Problem Based Learning yang menyajikan masalah sehingga meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan penilaian portofolio untuk meningkatkan kompetensi literasi sains siswa pada materi bioproses sel. Quasi experimental jenis desain nonequivalent control group menerapkan dua kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Data dikumpulkan melalui tes literasi sains, lembar observasi, dan evaluasi portofolio. Keterlaksanaan pembelajaran dengan dan tanpa model PBL berbantu penilaian portofolio pada materi bioproses sel diperoleh rata-rata 98,5% dan 94,5%. Peningkatan kompetensi literasi sains pada kelas dengan model PBL lebih tinggi dari kelas tanpa model PBL, yaitu dengan nilai N-Gain 0,5 dan 0,4 berkriteria “sedang”. Hasil uji hipotesis Mann-Whitney yang diperoleh yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti dengan H1 diterima. Pengaruhnya berada pada tingkat yang sedang, dibuktikan dengan hasil uji Effect Size Cohen`s. Kendala peserta didik pada kelas dengan model PBL sebesar 18%, sedangkan pada kelas tanpa model sebesar 20% kedua hasil tersebut menunjukkan bahwa sebagian kecil peserta didik mengalami kendala. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantu penilaian portofolio berpengaruh positif terhadap kompetensi literasi sains pada materi bioproses sel.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cell Bioprocess; Portofolio Assessment; Problem Based Learning Scientific Literacy. |
Subjects: | Biology Physiology > Cell Biologi, Cytology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Chelsea Iles Dwiyanti |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 02:25 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 02:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105192 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |