Model Problem Based Learning berbantu penilaian portofolio untuk meningkatkan kompetensi literasi sains pada materi Bioproses Sel

Dwiyanti, Chelsea Iles (2025) Model Problem Based Learning berbantu penilaian portofolio untuk meningkatkan kompetensi literasi sains pada materi Bioproses Sel. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa untuk mengaitkan konsep sains dengan ide-ide ilmiah, dapat diatasi dengan model Problem Based Learning yang menyajikan masalah sehingga meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan penilaian portofolio untuk meningkatkan kompetensi literasi sains siswa pada materi bioproses sel. Quasi experimental jenis desain nonequivalent control group menerapkan dua kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Data dikumpulkan melalui tes literasi sains, lembar observasi, dan evaluasi portofolio. Keterlaksanaan pembelajaran dengan dan tanpa model PBL berbantu penilaian portofolio pada materi bioproses sel diperoleh rata-rata 98,5% dan 94,5%. Peningkatan kompetensi literasi sains pada kelas dengan model PBL lebih tinggi dari kelas tanpa model PBL, yaitu dengan nilai N-Gain 0,5 dan 0,4 berkriteria “sedang”. Hasil uji hipotesis Mann-Whitney yang diperoleh yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti dengan H1 diterima. Pengaruhnya berada pada tingkat yang sedang, dibuktikan dengan hasil uji Effect Size Cohen`s. Kendala peserta didik pada kelas dengan model PBL sebesar 18%, sedangkan pada kelas tanpa model sebesar 20% kedua hasil tersebut menunjukkan bahwa sebagian kecil peserta didik mengalami kendala. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantu penilaian portofolio berpengaruh positif terhadap kompetensi literasi sains pada materi bioproses sel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cell Bioprocess; Portofolio Assessment; Problem Based Learning Scientific Literacy.
Subjects: Biology
Physiology > Cell Biologi, Cytology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Chelsea Iles Dwiyanti
Date Deposited: 04 Mar 2025 02:25
Last Modified: 04 Mar 2025 02:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105192

Actions (login required)

View Item View Item