Siti Nurlaela, Siti (2014) Strategi Pembelajaran Working Backwards untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Gerak (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas XI IPA MAN 2 Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (457kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari hasil wawancara dan praktek pengalaman lapangan dengan beberapa siswa MAN 2 Bandung yang menunjukan bahwa aktivitas keterlibatan belajar siswa dalam pembelajaran fisika di kelas sangat rendah dan cenderung pasif, konsep fisika susah dipahami sehingga mereka kebingungan mengaplikasikan konsep yang telah dipelajari ke dalam soal yang mengakibatkan mereka sering kesulitan memecahkan masalah dalam soal-soal fisika yang pada akhirnya siswa tidak memiliki kemampuan pemecahan masalah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran fisika adalah dengan penerapan strategi pembelajaran working backwards. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan strategi pembelajaran working backwards dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran working backwards. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA MAN 2 Bandung. Tehnik penarikan sampelnya menggunakan simple random sampling dan yang dijadikan sampel adalah satu kelas yaitu XI IPA-3. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan strategi pembelajaran working backwards dan tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian sebanyak 7 soal. Hasil analisis menunjukan bahwa keterlaksanaan strategi pembelajaran working backwards setiap pertemuan meningkat dengan rata-rata keterlaksanaan 90,83%. Nilai rata-rata tes awal siswa sebesar 21,07% meningkat pada saat tes akhir menjadi 70,94%. Hasil perhitungan dengan uji wilcoxon menunjukan bahwa kemanpuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan yang siginifikan setelah diterapkannya strategi working backwards dengan Wtabel (159,18) >Whitung (0,00). Besarnya kemampuan pemecahan masalah rata-rata yang ditunjukan oleh indeks normal gain sebesar 0,67. Dengan demikian strategi pembelajaran working backwards dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Working Backwards,Strategi Pembelajaran |
Subjects: | Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 09:23 |
Last Modified: | 04 Apr 2016 05:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1053 |
Actions (login required)
View Item |