Model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada konsep gaya gesek: Penelitian pre-experiment terhadap kelas XI IPA SMA Al-Qona'ah Baleendah Bandung

Mulyani, Yani (2012) Model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada konsep gaya gesek: Penelitian pre-experiment terhadap kelas XI IPA SMA Al-Qona'ah Baleendah Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)

Abstract

Keterampilan Proses sains (KPS) adalah suatu pendekatan dalam proses pembelajaran yang terjadi interaksi antara siswa dan guru untuk mengikuti proses penemuan atau penyusunan suatu konsep sebagai suatu keterampilan proses. Namun hal ini tidak penulis temukan di kelas XI IPA SMA Al-Qona’ah Baleendah Bandung, konsep-konsep fisika tidak langsung ditemukan oleh siswa sehingga pola pikir siswa cenderung sempit. Selain hal tersebut, partisipasi siswa dalam aktivitas pembelajaran di kelas masih rendah, dan siswa merasa jenuh dengan model atau metode pembelajaran sehingga tidak berkesan dan mudah lupa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang tepat dan berorientasi pada siswa serta membina seluruh potensi siswa sehingga dapat meningkatkan keterampilan proses sainsnya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa setelah proses pembelajaran fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experiment dengan desain one group pretest postest. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA SMA Al-Qona’ah Baleendah Bandung. Teknik penarikan sampelnya menggunakan total sampling dan yang dijadikan sampel adalah semua kelas yaitu XI IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan jenis data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian tiga kali pertemuan menunjukan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata keterlaksanaan 93,3%, kategori sangat baik dan aktivitas guru dengan rata-rata keterlaksanaan 100%, kategori sangat baik. Peningkatan keterampilan proses sains siswa yang signifikan setelah diterapkannya model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle sesuai dengan hasil uji signifikansi yang menunjukan Zhitung(5,44)> Ztabel (1,65). Besarnya peningkatan keterampilan proses sains siswa yang ditunjukkan oleh indeks normal gain adalah sebesar 0,48 termasuk kategori sedang. Dengan demikian model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada konsep gaya gesek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konsep Gaya gesek; Keterampilan Proses sains; Model Pembelajaran Inquiry; Tipe Pictorial Riddle;
Subjects: Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2016 01:13
Last Modified: 05 Apr 2019 08:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1054

Actions (login required)

View Item View Item