Hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 2 Sumbersari

Husaeni, Muhammad Yusuf (2024) Hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 2 Sumbersari. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (8).pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SUKET BEBAS PUSTAKA)
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-Muhammad Yusuf Husaeni (1).pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran_Yusuf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB) | Request a copy

Abstract

Minat belajar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa, minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI itu sendiri perlu ditumbuhkan dalam diri siswa karena ketika siswa berminat dengan mata pelajaran tentu ia akan memperhatikan sehingga nilai mata pelajarannya pun pastinya jauh lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak memiliki minat belajar. Namun, pada pelaksanaan pembelajaran terkadang ada siswa mengeluh soal mata pelajaran yang akan dipelajari, saat pembelajaran berlangsung siswa kurang semangat sehingga malah ngobrol dengan teman sebangku, bahkan ada yang sampai tidak mengikuti pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui minat belajar siswa di kelas III MI Muhammadiyah 2 Sumbersari dalam mata pelajaran aqidah akhlak, mengetahui hasil belajar siswa di kelas III MI Muhammadiyah 2 Sumbersari dalam mata pelajaran aqidah akhlaq dan mengetahui hubungan minat belajar dengan hasil belajar siswa di kelas III MI Muhammadiyah 2 Sumbersari dalam mata pelajaran aqidah akhlak. Jenis penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwasannya N = 25 taraf signifikan 5 % = 0,05 dan r tabel = 0,356 yaitu sebesar 0,384. Nilai r hitung lebih besar daripada r tabel (0,384 > 0,356) yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Jika dilihat dari nilai sinifikansinya (sig.) sebesar 0,058 > 0,05 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Maka adanya korelasi (hubungan) positif yang signifikan antara hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak di MI Muhammadiyah 2 Sumbersari. Dimana nilai r hitung = 0,384 yang berada pada kategori 0,20 – 0,399. Maka interpretasi korelasi (hubungan) minat belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak di MI Muhammadiyah 2 Sumbersari rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwasannya hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak di MI Muhammadiyah 2 Sumbersari rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Minat Belajar; Mata Pelajaran
Subjects: Causation
Education
Curricula
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Yusuf Husaeni
Date Deposited: 01 Oct 2025 01:42
Last Modified: 01 Oct 2025 06:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105500

Actions (login required)

View Item View Item