Adawiyah, Iis Robiatul (2025) Pembelajaran model Interactive Conceptual Instruction (ICI) berbantuan aplikasi Photomath untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif dan disposisi matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
1192050049_Lembar Pernyataan .pdf Download (765kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (281kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir reflektif dibutuhkan bagi siswa karena dapat membantu siswa untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang lebih optimal, selain itu dibutuhkan disposisi matematis yang baik untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir reflektif dan disposisi matematis melalui model pembelajaran Interactive Conceptual Intruction (ICI) berbantuan aplikasi Photomath. Penelitian melibatkan dua kelas yaitu kelas IX C dan IX D tahun ajaran 2024/2025 pada salah satu sekolah di Kota Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (a) secara keseluruhan keterlaksanaan model ICI termasuk kedalam kategori sangat baik; (b) Peningkatan kemampuan berpikir reflektif siswa yang menggunakan model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) berbantuan aplikasi photomath lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (c) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan berpikir reflektif antara siswa yang melaksanakan pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) berbantuan aplikasi photomath dengan siswa yang melaksanakan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematik (PAM); (d) Terdapat peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) berbantuan aplikasi photomath; (e) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir reflektif adalah kesulitan mengaplikasikan konsep-konsep matematika dengan benar sehingga siswa tidak dapat menentukan metode yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interactive Conceptual Instruction (ICI); Photomath; Kemampuan Berpikir Reflektif; Disposisi Matematis |
Subjects: | Elementary Education > Mathematics for Elementary Education Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Iis Robiatul Adawiyah |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 06:37 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 06:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105570 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |