Pembelajaran model Interactive Conceptual Instruction (ICI) berbantuan aplikasi Photomath untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif dan disposisi matematis siswa

Adawiyah, Iis Robiatul (2025) Pembelajaran model Interactive Conceptual Instruction (ICI) berbantuan aplikasi Photomath untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif dan disposisi matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1192050049_Lembar Pernyataan .pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir reflektif dibutuhkan bagi siswa karena dapat membantu siswa untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang lebih optimal, selain itu dibutuhkan disposisi matematis yang baik untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir reflektif dan disposisi matematis melalui model pembelajaran Interactive Conceptual Intruction (ICI) berbantuan aplikasi Photomath. Penelitian melibatkan dua kelas yaitu kelas IX C dan IX D tahun ajaran 2024/2025 pada salah satu sekolah di Kota Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (a) secara keseluruhan keterlaksanaan model ICI termasuk kedalam kategori sangat baik; (b) Peningkatan kemampuan berpikir reflektif siswa yang menggunakan model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) berbantuan aplikasi photomath lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (c) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan berpikir reflektif antara siswa yang melaksanakan pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) berbantuan aplikasi photomath dengan siswa yang melaksanakan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematik (PAM); (d) Terdapat peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) berbantuan aplikasi photomath; (e) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir reflektif adalah kesulitan mengaplikasikan konsep-konsep matematika dengan benar sehingga siswa tidak dapat menentukan metode yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Interactive Conceptual Instruction (ICI); Photomath; Kemampuan Berpikir Reflektif; Disposisi Matematis
Subjects: Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Iis Robiatul Adawiyah
Date Deposited: 11 Mar 2025 06:37
Last Modified: 11 Mar 2025 06:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105570

Actions (login required)

View Item View Item