Wangsaredja, Dzarin Gifarian (2015) Penerapan E-Commerce pada usaha kecil dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR_ISI.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (615kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi informatika yang semakin canggih menjadikan segala sesuatu tidak harus saling bertemu, misalnya dalam hal jual beli barang, tidak perlu mempertemukan antara penjual dengan pembeli. Di dalam Pasal 1 angka 1 Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Informasi dan Transaksi Elektronik disebutkan bahwa transaksi elektronik adalah perbuatan hukum yang dilakukan dengan menggunakan komputer, jaringan komputer, dan/atau media elektronik lainnya. Penerapan e-Commerce oleh usaha kecil (Small Business) memiliki potensi dan prospek yang cukup menjanjikan bagi pertumbuhan ekonomi di kota Bandung, sebab di masa mendatang kultur belanja online akan semakin menunjukkan tren perkembangan positif. Berdasarkan batasan masalah di atas dirumuskan permasalahan penelitian, proses penerapan E-Commerce Usaha kecil, pengaruh penerapan E-Commerce terhadap pertumbuhan ekonomi, dan faktor-faktor yang mendukung pengaruh penerapan E-Commerce pada usaha kecil terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung. Maka tujuan penelitian yang dikehendaki peneliti, yakni menganalisa efektivitas penerapan E-commerce Usaha kecil, menganalisa bagaimana penerapan E-commerce Usaha Kecil dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi, dan menganalisa faktor-faktor yang mendukung pengaruh penerapan E-Commerce pada usaha kecil terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung. Penelitian ini dilaksanakan untuk menguji hipotesis bahwa penerapan E-Commerce oleh Usaha kecil dapat memacu pertumbuhan dengan adanya pertambahan skala usaha sehingga dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak. Penelitian difokuskan pada hipotesis: penerapan E-Commerce Usaha Kecil mempunyai pengaruh yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung. Semakin besar nilai inovasi sebuah usaha kecil maka akan semakin besar nilai pertumbuhan ekonomi. Dalam perspektif Islam, apabila e-commerce dipandang seperti perdagangan dalam Islam, maka dapat dianalogikan bahwa pertama, penjualnya adalah merchant (Internet Service Provider), sedangkan pembelinya ialah customer. Kedua, objek adalah barang dan jasa yang ditawarkan (adanya pemesanan seperti as-salam) dengan berbagai informasi, profile, mencantumkan harga, terlihat gambar barang, serta resminya perusahaan. Ketiga, Sighat (ijab-qabul) dilakukan dengan payment gateway yaitu system/software pendukung (otoritas dan monitor) bagi acquirer, serta berguna untuk service online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis statistik deskriptif. Teknik deskriptif kuantitatif ini dipakai hanya melukiskan secara sistematis faktor karakteristik populasi tertentu atau bidang tertentu secara faktual dan cermat sebagaimana yang sudah terkumpul tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku umum. Berdasarkan hasil penelitian kesimpulan yang diperoleh, bahwa 1). jumlah unit usaha kecil di Bandung yang memanfaatkan penerapan E-Commerce masih dibilang belum efektif digunakan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi, yang dapat dilihat dari jumlah usaha kecil beromzet 100.000.000 masih mengandalkan pemasaran melalui jaringan secara manual dan tidak dioptimalkan secara baik; 2). Beberapa perusahaan kecil yang mengoptimalkan penerapan E-Commerce oleh usaha kecil dapat meningkatkan pendapatan perusahaan dan secara signifikan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi secara signifikan; dan 3). Terdapat variabel yang berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi yaitu tumbuhnya perusahaan kecil yang dikelola oleh komunitas dengan mengoptimalkan e-commerce secara professional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekonomi; Ecommerce |
Subjects: | Econmics > Research Methods of Economic Econmics > Economists |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam |
Depositing User: | Dzarin Gifarian K Wangsaredja |
Date Deposited: | 28 Jun 2018 03:48 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 05:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10571 |
Actions (login required)
View Item |