Khambali, Khambali (2025) Desain pembelajaran toleransi beragama pada mata pelajaran PAI melalui model Flipped Classroom dalam mengembangkan nilai tasamuh Fi al-islam peserta didik : Penelitian di SMA Ma’arif Bandung dan SMA Muhammadiyah 3 Plus Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover Disertasi Khambali.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak Disertasi Khambali.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
Scan Hasil Turnitin Disertasi Khambali.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi Disertasi Khambali.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Bab 1 Disertasi Khambali.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
Bab 2 Disertasi Khambali.pdf Download (405kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III)
Bab 3 Disertasi Khambali.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
Bab 4 Disertasi Khambali.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
Bab 5 Disertasi Khambali.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka Disertasi Khambali.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN DISERTASI KHAMBALI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perilaku intoleran berkedok agama tumbuh dan berkembang di Indonesia. Sebagai upaya preventif dalam melindungi peserta didik dari pemahaman intoleran, mendesain pembelajaran toleransi beragama dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam perlu dikembangkan dengan memanfaatkan model pembelajaran yang berbasis teknologi informasi terbaru yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik sebagai remaja seperti model flipped classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: 1) Pelaksanaan pembelajaran toleransi beragama dalam pelajaran PAI pada peserta didik di SMA Ma’arif dan SMA Muhammadiyah 3 Plus Bandung; 2) Pengembangan desain pembelajaran toleransi beragama dalam pelajaran PAI melalui model flipped classroom dalam mengembangkan nilai Tasamuh fi al-Islam pada peserta didik di sekolah tersebut; 3) Implementasi desain pembelajaran toleransi beragama pada pelajaran PAI melalui model flipped classroom dalam mengembangkan nilai Tasamuh fi al-Islam di sekolah tersebut; dan 4) Pengaruh penerapan desain pembelajaran toleransi beragama dalam pelajaran PAI melalui model flipped classroom dalam mengembangkan nilai Tasamuh fi al-Islam di SMA tersebut. Pembelajaran toleransi beragama memerlukan suatu desain agar menjadi sebuah kegiatan yang efektif dan efisien. Desain pembelajaran tersebut mengembangkan tahapan kognitif rendah sampai tinggi yang tersusun pada rencana pembelajaran yang berdasar model flipped classroom dengan sintaks FLIP (flexible environment, learning culture, intentional content, dan professional teacher). Penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi (mix methods), dengan metode research and development (R&D) dengan tahapan studi pendahuluan, studi pengembangan dan evaluasi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumentasi, angket, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran toleransi beragama saat ini dalam mata pelajaran PAI menjadi salah satu tema mata pelajaran PAIBP pada kelas XI dengan RPP yang disesuaikan dengan kurikulum 2013. Pengembangan desain pembelajaran toleransi beragama pada mata pelajaran PAI melalui model flipped classroom dalam bentuk modul pembelajaran yang berbasis elektronik (e-doc atau e-modul) yang terintegrasi dengan video pembelajaran, metode problem based learning flipped (PBLF), media pembelajaran yang terintegrasi dengan platform digital belajar.id, dan evaluasi pembelajaran interaktif dengan platform digital quizizz. Desain pembelajaran tersebut dinyatakan layak dan valid untuk digunakan dalam pembelajaran di lapangan. Implementasi desain pembelajaran toleransi beragama tersebut dilakukan secara online dan offline melalui aktivitas pembelajaran before learning, during learning dan after learning yang menggunakan e-doc atau e-modul, platform digital belajar.id dan quizizz. Pengaruh penerapan desain pembelajaran toleransi bergama tersebut berdampak secara signifikan dan efektif meningkatkan pemahaman toleransi beragama peserta didik.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | desain pembelajaran; toleransi beragama; pendidikan agama islam; model flipped classroom; nilai tasamuh fi al-islam. |
Subjects: | Religious Education Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam |
Depositing User: | Khambali Khambali |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 03:14 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 03:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105768 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |