Penerapan strategi pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring) untuk mengembangkan keterampilan generik sains siswa pada konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan: Penelitian kelas terhadap siswa kelas XI SMKN 2 Garut

Munandar, Aji Aris (2012) Penerapan strategi pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring) untuk mengembangkan keterampilan generik sains siswa pada konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan: Penelitian kelas terhadap siswa kelas XI SMKN 2 Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)

Abstract

Pembelajaran kimia di Indonesia pada umumnya, menuntut siswa lebih banyak untuk mempelajari konsep-konsep dan prinsip-prinsip kimia. Diantara strategi-strategi pembelajaran yang digunakan untuk membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan konsep dapat disampaikan dengan baik serta dipahami oleh siswa salah satunya adalah penerapan strategi pembelajaran Relating (mengaitkan), Experiencing (mengalami), Applying (Menerapkan), Cooperating (Bekerjasama), Transferring (Mentransfer.) Penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa melalui penerapan strategi pembelajaran REACT, mengukur kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKS untuk mengembangkan KGS dan mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi ini pada konsep kelarutan dan hasil kelarutan di SMKN 2 Garut. Berdasarkan tujuan tersebut metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kelas dan 30 siswa Kelas XI SMKN 2 Garut. Instrumen penelitian terdiri dari deskripsi pembelajaran, lembar kerja mahasiswa (LKS), format observasi dan penilaian keterampilan generik sains. Data yang diperoleh diolah menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data, diketahui strategi pembelajaran ini dapat dilaksanakan sesuai dengan tahap-tahapannya. Kemampuan keterampilan generik sains siswa berdasarkan kelompok belajar pada tahap relating mendapat nilai 78,13, tahap experiencing mendapat nilai 67,01, tahap applying mendapat nilai 91,1, tahap cooperating mendapatkan nilai 76,28, tahap transferring mendapatkan nilai 73,80. Nilai kelima tahap dengan kategori baik. Hasil nilai LKS siswa berdasarkan penerapan strategi pembelajaran REACT dalam mengembangkan KGS menunjukkan bahwa nilai rata-rata tertinggi diperoleh pada tahap applying dengan nilai, sedangkan nilai rata-rata terendah diperoleh pada tahap experiencing. Keseluruhan hasil respon siswa adalah 68.05% dengan interpretasi kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran REACT; Konsep Kelarutan;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2016 02:01
Last Modified: 11 Feb 2019 03:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1058

Actions (login required)

View Item View Item