Imtiyazi, R. Naila (2024) Pengaruh sarana prasarana pembelajaran dan kompensasi terhadap kinerja guru : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
Surat Lulus Plagiasi Naila.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (999kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Sarana prasarana pembelajaran yang memadai merupakan salah satu faktor penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Kompensasi yang sesuai dan adil juga berperan penting dalam memotivasi guru untuk mencapai target kinerja yang ditetapkan. Kedua hal ini merupakan tantangan besar bagi madrasah aliyah negeri. Hal ini disebabkan oleh peran madrasah aliyah negeri sebagai acuan keberhasilan bagi madrasah aliyah swasta yang sebagian besar memiliki keterbatasan dana. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh sarana prasarana pembelajaran terhadap kinerja guru, untuk menganalisis pengaruh kompensasi terhadap kinerja guru dan untuk menganalisis pengaruh sarana prasarana pembelajaran dan kompensasi terhadap kinerja guru. Teori yang digunakan dalam penelitian ini untuk variabel sarana prasarana pembelajaran yang meliputi sarana langsung dan tidak langsung digunakan dalam proses pembelajaran serta prasarana langsung dan tidak langsung digunakan dalam proses pembelajaran menurut Sri Herawati, variabel kompensasi menurut Hasibuan meliputi kompensasi langsung dan tidak langsung. Kinerja guru menggunakan teori Supardi yang diukur melalui 1) Kemampuan menyusun rencana pembelajaran, 2) Kemampuan melaksanakan pembelajaran, 3) Kemampuan mengadakan hubungan antarpribadi, 4) Kemampuan melaksanakan penialain hasil belajar, 5) Kemampuan melaksanakan pengayaan, dan 6) Kemampuan melaksanakan remedial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Melalui bantuan aplikasi SPSS v.26 data dianalisis melalui uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Selanjutnya data dianalisi melalui analaisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh sarana prasarana pembelajaran (X1) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0.291 atau 29.1% 2) Terdapat pengaruh kompensasi (X1) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0.155 atau 15,5% 3) Terdapat pengaruh sarana prasarana pembeljaran dan kompensasi terhadap kinerja guru sebesar 0.305 atau 30,5%. Penelitian ini menunjukan bahwa sarana prasarana pembelajaran dan kompensasi dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kinerja guru yang berdampak pula bagi peningkatan kualitas mutu pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sarana prasarana pembelajaran; kompensasi; kinerja guru |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | R. Naila Imtiyazi |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 07:15 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 07:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105826 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |