Strategi Iradio Bandung mempertahankan eksistensi di era Podcast Audiovisual

Anjasukma, Muhammad Arikza (2025) Strategi Iradio Bandung mempertahankan eksistensi di era Podcast Audiovisual. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Surat Bebas Plagiasi - Muhammad Arikza Anjasukma.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)

Abstract

Radio tetap relevan di era digital dengan strategi diversifikasi platform, seperti siaran daring dan integrasi podcast. Melalui podcast, radio menjangkau audiens lebih luas, menawarkan konten fleksibel, dan memenuhi kebutuhan pendengar modern. Inovasi ini memperkuat peran radio sebagai sumber informasi, hiburan, dan edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang dilakukan IRadio Bandung dalam menghadapi tantangan persaingan dengan podcast audiovisual, termasuk upaya mereka mempertahankan pendengar di tengah maraknya media tersebut. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi langkah-langkah peningkatan kualitas penyiaran yang dilakukan IRadio Bandung untuk menjaga dan memperluas basis pendengarnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan konsep Konvergensi Media. Penerapan konsep ini dapat dilihat dari bagaimana media, termasuk radio, beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital untuk menjangkau audiens yang lebih luas serta menciptakan interaksi yang lebih dinamis (Jenkins, 2006: 2). Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana strategi IRadio Bandung mempertahankan eksistensinya di era podcast audiovisual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IRadio Bandung berhasil menghadapi persaingan dengan podcast audiovisual melalui penerapan strategi berbasis konvergensi media. Salah satu langkah utama yang diambil adalah memanfaatkan berbagai platform digital, seperti Spotify dan media sosial, untuk memperluas jangkauan serta meningkatkan keterlibatan audiens. Dengan adanya platform ini, pendengar tidak hanya dapat mengakses konten secara fleksibel kapan saja, tetapi juga tetap terhubung dengan siaran tradisional yang tetap menjadi ciri khas utama IRadio Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Radio; Strategi; Podcast Audiovisual
Subjects: Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Muhammad Arikza Anjasukma
Date Deposited: 18 Mar 2025 06:54
Last Modified: 18 Mar 2025 06:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105902

Actions (login required)

View Item View Item