Pengembangan media pembelajaran Pop Up Book untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MI

Fauziah, Nadia Nurul (2025) Pengembangan media pembelajaran Pop Up Book untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-NADIA NURUL FAUZIAH.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (612kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakang dengan permasalahan rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Ciharalang Kecamatan Cijeungjing, bahwa siswa belum mampu mengerti materi yang disampaikan, pembelajaran yang disampaikan masih menggunakan metode yang berfokus pada pendidik dan tidak adanya penggunaan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui desain media yang dikembangkan dan dibuat uji validasi produk, serta perbedaaan pemahaman siswa setelah menggunakan media Pop Up Book pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Media Pop Up Book adalah sebuah media berupa tiga dimensi ketika lembaran dibuka akan timbul gambar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode Research and Development model ADDIE yang dilaksanakan pada kelas V MI Ciharalang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, tes, wawancara, dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dengan menggunakan deskripsi untuk data kualitatif, dan menggunakan statistika untuk data kuantitatif. Produk media yang dibuat divalidasi terlebih dahulu oleh ahli media, ahli bahasa, ahli materi dan guru Akidah Akhlak untuk menguji kelayakan agar media pembelajaran Pop Up Book layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada jenjang pendidikan. Pretest dan posttest yang dilakukan digunakan untuk mengetahui terdapat perbedaan pemahaman siswa setelah menggunakan media Pop Up Book pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Berdasarkan analisis data diperoleh media pembelajaran Pop Up Book yang sudah dibuat dan divalidasi oleh para ahli media mendapatkan rata-rata skor 87%, ahli bahasa mendapatkan rata-rata skor 78,5%, ahli materi mendapatkan rata-rata skor 84% dan guru Akidah akhlak mendapatkan rata-rata skor 94,4%. Dari seluruh hasil validasi mendapatkan kategori “ layak” untuk diujicobakan. Hasil pemahaman siswa sebelum menggunakan media pembelajaran Pop Up Book mendapatkan hasil persentase 47,2%, begitupan pemahaman siswa setelah menggunakan media pembelajaran Pop Up Book mendapatkan hasil presentase 83,3%. Hal tersebut membuktikan penggunaan media Pop Up Book pada mata pelajaran Akidah Akhlak dapat meningkatkan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Pop Up Book; Akidah Akhlak
Subjects: Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Nama-nama Allah, Asmaul Husna
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fauziah Nadia Nurul
Date Deposited: 19 Mar 2025 02:29
Last Modified: 19 Mar 2025 02:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105914

Actions (login required)

View Item View Item