Pattern Design sebagai media Dakwah Kontemporer : Studi kasus Brand Fashion Elzatta

Al Kahpi, Oki (2025) Pattern Design sebagai media Dakwah Kontemporer : Studi kasus Brand Fashion Elzatta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
plagiarisme.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
OKI AL KAHPI_1204020117.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pattern design sebagai media dakwah kontemporer merupakan fenomena yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses filosofis, pemaknaan, dan kesesuaian pattern design Elzatta sebagai media dakwah. Dengan sosoknya yang inovatif, Elzatta memiliki cara unik dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam desain fashion. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana proses filosofis pengembangan pattern design, menganalisis pemaknaannya sebagai media dakwah, dan mengevaluasi kesesuaiannya dengan keinginan masyarakat. Teori yang digunakan adalah Teori Interaksi Simbolik dari George Herbert Mead (1962) yang membantu menganalisis pembentukan makna melalui interaksi sosial dengan konsep mind, self, dan society. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi untuk mengamati secara langsung proses pengembangan pattern design, wawancara dengan pihak Elzatta dan beberapa customer Elzatta, serta dokumentasi yang meliputi foto desain, katalog produk, dan materi promosi terkait pattern design. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses filosofis, Elzatta mengembangkan pattern design melalui riset mendalam terhadap peradaban Islam. Pemaknaan pattern design sebagai media dakwah terbentuk melalui penggunaan motif arsitektur Islam yang membawa pesan moral dan spiritual dengan tetap mengikuti tren terkini. Kesesuaian dengan keinginan masyarakat tercapai melalui kemampuan brand dalam mengenal target market dan berinovasi sesuai minat konsumen Muslim. Implikasi yang muncul secara sosial yaitu diharapkan konsumen fashion Muslim selalu mengedepankan nilai-nilai Islam dalam berbusana. Penelitian ini diharapkan membuka wawasan brand fashion Muslim dalam mengembangkan desain yang inovatif serta dapat meningkatkan karya ilmiah di Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam untuk meningkatkan kualitas penelitian yang akan datang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fashion muslim; media dakwah; pattern design;
Subjects: Islam > Da'wah
Textile Arts > Fashion Design
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Oki Al Kahfi
Date Deposited: 20 Mar 2025 02:02
Last Modified: 20 Mar 2025 02:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105923

Actions (login required)

View Item View Item