Hubungan antara Self Regulation dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MI Darun Nasya

Gumilang, Rega Saputra (2025) Hubungan antara Self Regulation dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MI Darun Nasya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah yang terjadi di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Darun Nasya yang berlokasi di Kp. Pasir Handap Rt 02 Rw 14, Desa Pagerwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Prov. Jawa Barat. Sekolah ini memiliki akreditasi B. Walaupun sekolah ini terbilang baru namun kurikulum yang digunakan sekolah saat ini sudah menggunakan kurikulum merdeka., berdasarkan hasil wawancara waktu penelitian dan observasi menunjukkan bahwa terdapat siswa yang kurang dalam perkembangan self-regulation berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yang peneliti telah rumuskan adalah 1) Untuk mengetahui self regulation siswa pada mata pelajaran fiqih di MI Darun Nasya, 2) Untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran fiqih di MI Darun Nasya, 3) Untuk mengetahui hubungan antara self regulation dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MI Darun Nasya. Penelitian ini didasari dengan pemikiran bahwa jika semakin tinggi self regulation maka semakin meningkat juga pemerolehan hasil belajar. Hal ini membuat peneliti ingin meneliti apakah benar bahwa self regulation dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MI Darun Nasya. Penelitian ini diperoleh dari 22 orang responden dengan metode yang digunakan berupa kuantitatif deskriptif menggunakan pendekatan korelasi, dan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, tes dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dan inferensial, yang mencakup, 1) uji normalitas, 2) uji linearitas, dan 3) uji korelasi dan 4) uji korelasi koefesiensi determinasi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa kedua variabel dinyatakan berdistribusi normal karena galat taksiran persamaan regreasi X atas Y menunjukkan rxy > 0,05 dengan Asymp. Sig (2-tailed) 0,442 > 0,05 maka data berdistribusi nomal, kedua variabel dinyatakan linear karena menunjukkan nilai Sig. 0,973 > 0,05 maka terdapat hubungan yang linier antara variabel, kemudian kedua variabel saling berpengaruh dan memiliki hubungan. Berdasarkan hasil penelitian ini menemukan adanya hubungan positif, antara self regulation dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Darun Nasya karena rhitung > rtabel yaitu 0,848 > 0,05. Hubungan yang terdapat pada penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi self regulation berarti semakin tinggi pula pemerolehan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MI Darun Nasya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Self Regulation; Hasil Belajar; fiqih di MI
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rega R MAY
Date Deposited: 19 Mar 2025 07:04
Last Modified: 19 Mar 2025 07:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105947

Actions (login required)

View Item View Item