Nurfikri, Yazid Zaki (2025) Intensitas belajar siswa pada kitab Ta’lim Muta’alim hubungannya dengan akhlak siswa terhadap Guru. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (471kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan, siswa kelas XI di Pondok Pesantren Attawazun dipelajari Kitab Ta’lim Muta`alim setiap malam hari Ketika ramadhan, pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim. Materinya mengenai Akhlak seorang penuntut ilmu kepada seorang guru. Kemudian dalam observasi peneliti melihat adanya hudungan intensitas mempelajari Kitab Ta’lim Muta’alim dengan akhlak siswa terhadap guru. Hal ini membuat peneliti ingin mencari tahu adakah hubungan antara keduanya. Tujuan penelitian ini ialah untuk: (1) Untuk melngeltahui intelnsitas belajar siswa dalam melngikuti pelmbellajaran kitab Ta’limul Muta’alim di Pondok Pesantren At-Tawazun. (2) Untuk melngeltahui kelhormatan siswa Telrhadap guru di Pondok Pesantren At-Tawazun (3) Untuk melngeltahui hubungan intelnsitas bellajar kitab Ta’limul Muta’alim delngan akhlak siswa telrhadap guru di Pondok Pesantren At-Tawazun Penelitian ini didasari kaitan antara intesitas dengan akhlak siswa lepada guru didasari oleh beberapa faktor yaitu durasi kegiatan, frekuensi kegiatan, presentasi, arah sikap, minat dan motivasi. Penelitian ini di fokuskan khususnya untuk melihat adanya hubungan antara intensitas belajar kitab Ta’lim Muta’alim dengan ahklak siswa terhadap guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik statistik korelasi product moment untuk mengetahui keterkaitan antara variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Intensitas belajar siswa pada kitab Ta’lim Muta’alim berada dalam kategori sangat baik dengan skor rata-rata 3,25. yang mana skor ini berada pada kategori sangat baik, karena termasuk pada interval 3,25 – 4,00 (2) Akhlak siswa terhadap guru juga berada dalam kategori sangat baik dengan skor rata-rata 3,70. yang mana skor ini berada pada kategori sangat baik, karena termasuk pada interval 3,25 – 4,00 menunjukkan penghormatan yang signifikan terhadap guru; (3) Terdapat hubungan positif antara intensitas belajar siswa pada kitab Ta’lim Muta’alim dengan akhlak siswa terhadap guru, dengan koefisien korelasi sebesar 0,627, yang menunjukkan korelasi yang cukup kuat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intensitas Belajar; Kitab Ta’lim Muta’alim; Akhlak Siswa; Penghormatan Guru; Pesantren |
Subjects: | Ethics, Moral Philosophy Islam > Islamic Ethics, Practice Islam > Islamic Religious Education Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Secondary Education > Upper Level Secondary School |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yazid Zaki Nurfikri |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 06:28 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 06:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105995 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |