Sundari, Susan (2025) Penggunaan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis Qur’anic Science dalam menumbuhkan sikap Ilmiah dan Peduli Lingkungan pada peserta didik : Penelitian di SMP Baitul Arqam Qur’anic Science Kabupaten Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
SuratHasilKarya_SusanSundari.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (401kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (880kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN TESIS_SUSANS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti selama ini hanya menggunakan kurikulum yang ada dan menggunakan strategi dengan menggunakan pendekatan klasik; metode ceramah, buku panduan dan media sederhana juga kurang dikaitkan dengan fakta fakta ilmiah yang berkembang sehingga materi kurang memiliki dampak terhadap tujuan pembelajaran yaitu sikap ilmiah dan peduli lingkungan pada diri siswa. Menyikapi hal itu, maka perlunya penerapan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang mengintegrasikan Al-Qur’an dan Sains sebagai basis dalam pembelajarannya untuk. SMP Baitul Arqam Sumedang saat ini dipandang sedang mengem¬bangkan konsep pendidikan berbasis Qur’anic Science. Sekolah tersebut memiliki visi, misi, dan tujuan pembelajaran agar peserta didik dapat menerapkan sikap ilmiah dan mencintai lingkungan pada diri siswa dengan menumbuhkan perilaku yang peduli, menjaga, merawat dan melestarikan lingkungan sebagai perwujudan dari penciptaan manusia sebagai khalifah di bumi Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Tujuan diterapkannya strategi pembelajaran Qur’anic Science pada mata pelajaran PAIBP, menganalisis Penggunaan Strategi Pembelajaran PAIBP berbasis Qur’anic Science dan menganalisis tumbuhnya sikap ilmiah dan peduli lingkungan yang merupakan output pembelajaran PAIBP di SMP Baitul Arqam Qur’anic Science Sumedang. Penelitian ini menggunakan teori Strategi Pembelajaran, teori Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, teori Qur’anic Science, Sikap Ilmiah dan Peduli Lingkungan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah Studi Kasus dengan harapan mendapatkan deskripsi dan analisis mendalam tentang suatu persoalan yang ada di lapangan secara intensif. Sumber dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, obsevasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil Penelitian didapat bahwa tujuan penggunaan strategi PAIBP berbasis Qur’anic Science adalah mengintegrasikan konsep ilmiah dengan nilai-nilai Al-Quran, sehingga membentuk pemahaman yang holistik bagi siswa. Siswa memahami pembelajaran dalam konteks ilmiah. Penggunaan Strategi pembelajarannya menggunakan pendekatan MQSc (Muhammadiyah Qur’anic Science) dengan 3 keterampilan Bayani, Burhani dan Irfani untuk menganalisis setiap teks ayatnya. Metode dan media yang digunakan bervariasi sehingga berdampak tumbuhnya sikap Ilmiah dan Peduli Lingkungan terhadap diri siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran; PAIBP; Qur’anic Science; Sikap Ilmiah; Peduli Lingkungan |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Education, Research |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sundari Susan |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 03:26 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 03:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106000 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |