Pengembangan Bahan Pengayaan Mata Pelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Konsep Budidaya Tanaman Hidroponik di SMK Negeri 9 Garut

nabilah, euis (2018) Pengembangan Bahan Pengayaan Mata Pelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Konsep Budidaya Tanaman Hidroponik di SMK Negeri 9 Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak Euis.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi sains berdasarkan aspek proses, konsep, konteks dan sikap materi budidaya tanaman hidroponik. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukan penelitian ”pengembangan bahan pengayaan mata pelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik konsep budidaya tanaman hidroponik di SMK Negeri 9 Garut”. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 9 Garut populasi sebanyak tiga kelas diambil sampel sebanyak satu kelas yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design. Data keterlaksanaan proses pemberian bahan pengayaan fisika pada materi budidaya tanaman hidroponik diperoleh dari lembar kegiatan peserta didik, peningkatan kemampuan literasi sains konsep budidaya tanaman hidroponik diperoleh dari nilai siswa yang diukur oleh pretest dan postest berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal dan uraian sebanyak 5 soal yang menggambarkan indikator literasi sains. Berdasarkan pengolahan dan analisis data hasil penelitian yang telah dilakukan di SMK Negeri 9 Garut mengenai penggunaan bahan pengayaan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik konsep budidaya tanaman hidroponik, diperoleh kesimpulan: 1) Hasil analisis lembar kegiatan peserta didik kelas X MM 3 SMK Negeri 9 Garut yaitu rata-rata aktivitas peserta didik 72,83% berkategori baik. 2) Berdasarkan hasil perhitungan dengan indeks normal gain, menunjukan bahwa kemampuan literasi sains konsep budidaya tanaman hidroponik peserta didik di kelas X MM 3 SMK Negeri 9 Garut mengalami peningkatan setelah digunakan bahan pengayaan konsep budidaya hidroponik yaitu sebesar 0,73 termasuk kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan ; Bahan Pengayaan Fisika ; Budidaya Tanaman Hidroponik; Literasi Sains
Subjects: Administration of The Physical Plant
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Euis Nabilah Masum
Date Deposited: 29 Jun 2018 08:39
Last Modified: 29 Jun 2018 08:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10601

Actions (login required)

View Item View Item