Aprianti, Resa (2025) Penyelesaian masalah transportasi Multi-Objektif dengan menggunakan metode kombinasi Mean Geometris-Penalti. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (Cover)
Cover.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text (Keterangan bebas plagiarism)
SK bebas plagiarism.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar isi)
Daftar isi.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Download (501kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (936kB) |
|
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
|
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Masalah transportasi sering kali menghadapi tantangan dalam pendistribusian barang, terutama terkait dengan minimasi biaya, waktu, dan jarak pengiriman. Seiring perkembangan zaman, pendekatan yang hanya berfokus pada minimasi biaya tidak lagi memadai, karena banyak produsen berupaya mengoptimalkan beberapa tujuan secara bersamaan. Oleh karena itu, penelitian ini membahas penyelesaian masalah transportasi multi-objektif dengan pendekatan minimasi simultan terhadap biaya, waktu, dan jarak. Penelitian ini menggunakan metode Kombinasi Mean Geometris-Penalti untuk menyelesaikan masalah transportasi multi-objektif serta membandingkannya dengan metode Kaur-Rakshit-Singh, yang menggunakan bobot 0,5 untuk biaya, 0,3 untuk waktu, dan 0,2 untuk jarak. Penelitian ini menggunakan satu set data sekunder serta 300 data random (dummy) untuk menguji kedua metode. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode Kombinasi Mean Geometris-Penalti menghasilkan solusi yang lebih seimbang dibandingkan metode Kaur-Rakshit-Singh, terutama dalam kasus di mana bobot fungsi objektif berpengaruh signifikan. Dengan demikian, metode ini lebih efektif dalam menyelesaikan masalah transportasi multi-objektif dengan berbagai variabel.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Masalah Transportasi; Multi-Objektif; Mean Geometris; Penalti; Optimasi; Kaur-Rakshit-Sign; |
Subjects: | Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics Mathematics > Research Methods of Mathematics Applied mathematics > Mathematical Optimization Applied mathematics > Programming Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika |
Depositing User: | Resa Aprianti |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 03:38 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 03:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106013 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |