Fauzi, Ifan Saban (2013) Penerapan model pembelajaran discovery-inquiry pada konsep sifat koligatif larutan: Penelitian kelas terhadap siswa kelas XII IPA SMAN 1 Sukaresmi - Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (348kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
Abstract
Ilmu kimia dalam penguasaan konsepnya memerlukan strategi pembelajaran yang tepat. Penggunaan model mengajar yang tidak sesuai dengan materi yang di ajarkan cenderung memberikan hasil belajar yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktifitas siswa terhadap penerapan model pembelajaran discovery-inquiry pada konsep sifat koligatif larutan, kemampuan siswa menyelesaikan tugas LKS setiap tahapnya, dan hasil belajar siswa pada setiap tahap model pembelajaran ini pada konsep sifat koligatif larutan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kelas dengan subjek penelitian adalah 32 siswa kelas XII IPA SMAN 1 Sukaresmi-Cianjur. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari deskripsi pembelajaran, lembar kerja siswa (LKS), lembar observasi, format penilaian, dan tes evaluasi. Data yang diperoleh diolah secara statistik deskriptif, dan diketahui bahwa aktifitas siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ini dapat dilaksanakan sesuai tahapan-tahapannya dengan kriteria baik. Kemampuan siswa berkriteria baik pada tahap data processing, generalization, problem statement, dan data collection dengan nilai berturut-turut sebesar 70, 75, 75, dan 75, sedangkan kriteria sangat baik ditunjukkan pada tahap verification dengan nilai sebesar 94. Hasil belajar siswa setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan model DI menunjukkan hasil dengan kriteria baik dengan rata-rata hasil belajar siswa untuk tiap kelompok prestasi tinggi, sedang, dan rendah masing-masing yaitu 85, 74 dan 63.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; sifat koligatif larutan; pembelajaran discovery-inquiry; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 02:56 |
Last Modified: | 07 Aug 2019 04:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1062 |
Actions (login required)
View Item |