Deliana, Mila (2025) Pengembangan LKPD elektronik berbasis PDEODE (Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (SK PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
keterangan bebas plagiarism.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (602kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Pengembangan LKPD Elektronik berbasis PDEODE dilakukan untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis (KBK) peserta didik pada materi usaha dan energi. Penggunaan E-LKPD berbasis PDEODE diharapkan dapat menjadi media yang memfasilitasi peserta didik memahami konsep fisika yang kompleks melalui pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif melalui tahapan diskusi, observasi, dan penjelasan secara sistematis serta meningkatkan KBK peserta didik. Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu; (1) Kelayakan E-LKPD berbasis PDEODE; (2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan E-LKPD berbasis PDEODE dengan penilaian lembar observasi; dan (3) Peningkatan KBK peserta didik setelah penggunaan E-LKPD berbasis PDEODE pada materi usaha dan energi. Metode pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dari 29 peserta didik melalui tes KBK sebelum dan setelah penggunaan E-LKPD. Analisis data meliputi uji normalitas metode Shapiro-Wilk dengan uji hipotesis independent sample t-test. Pengembangan E-LKPD berbasis PDEODE menggunakan model ADDIE telah divalidasi dengan sangat baik oleh ahli media, ahli materi, dan guru fisika, dengan koefisien validitas 1, menunjukkan kelayakan sangat tinggi. Pembelajaran di kelas X IPA 3 SMA Tunas Baru Ciparay menggunakan Lembar Observasi (LO) menunjukkan persentase keterlaksanaan dari tiga pertemuan mencapai 90% dengan kategori sangat baik. Penggunaan E-LKPD berbasis PDEODE pada materi usaha dan energi meningkatkan KBK peserta didik dengan N-Gain pretest-posttest sebesar 0,52 dengan interpretasi sedang. Analisis uji hipotesis dengan statistik parametrik menghasilkan signifikansi 0,000 yang berarti Ha diterima. Penggunaan E-LKPD ini diharapkan dapat menjadi inovasi dalam pembelajaran fisika yang lebih interaktif dan bermakna.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD elektronik; PDEODE; peningkatan keterampilan berpikir kritis; usaha dan energi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mila Deliana Mila |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 05:55 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 05:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106248 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |