Pola Interaksi Sosial Keagamaan antara Penganut Agama Islam dan Kristen Advent (Studi Kasusu di Desa Cihanjuang Rahayu Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat)

Farida, Lia Ulfah (2018) Pola Interaksi Sosial Keagamaan antara Penganut Agama Islam dan Kristen Advent (Studi Kasusu di Desa Cihanjuang Rahayu Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy

Abstract

Interaksi merupakan hubungan timbal balik antara subjek pelaku dan yang merespon. Interaksi tidak pernah terlepas dari kehiudpan manusia, hal ini didasarkan karena manusia merupakan makhluk sosial yang senantiasa membutuhkan oranglain dalam keberlangsungan hidupnya. Sadar tidak sadar atau nampak tidak Nampak, Interaksi pada masyarakat bisa menghasilkan sebuah persatuan atau sebuah konflik yang berujung pada perpecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang terjadinya bentuk interaksi sebagai aktualisasi ajaran keagamaan antara penganut agama Islam dan agama Kristen Advent di Desa Cihanjuang Rahayu Kabupaten Bandung Barat. Serta untuk mengetahui relevansinya dengan pemahaman doktrin keagaaman yang berkembang di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif komparatif yang digunakan untuk menjelaskan secara detail atau menggambarkan satuan analisa secara utuh yang mampu menjawab, menjelaskan dan memecahkan permasalahan yang telah diidentifikasi. Untuk memperoleh data, dilakukan menggunakan teknik obeservasi, wawancara dan angket kepada beberapa subjek penelitian. Berdasarkan data-data yang diperoleh dalam penelitian ini, latar belakang terjadinya sebuah pola interaksi yang kurang harmonis atau secara sederhana dikatakan sangat minim interasksi pada sebagian masyarakat muslim adalah karena adanya faktor kekhawatiran terjadinya Kristenisasi. Penyebabnya menghindari berbagai bentuk interkasi dengan non muslim dilakukan masyarakat tersebut. Pada kelompok penganut agama Islam dengan jumlah lebih banyak, melakukan hubungan sosial dengan Advent tidaklah menjadi sebuah permasalahan bagi mereka hubungan baik dalam batas lingkup sosial merupakan suatu bentuk tindakan yang mengamalkan ajaran kitab suci. Begitupun pada Kristen Advent, bagi mereka melakukan interaksi sosial yg mengarah pada persatuan serta dalam lingkup sosial merupakan suatu tindakan dalam mengimani Alkitab pada kehidupan sehari-hari. Dari itu ada beberapa kegiatan yang dibangun sebagai structural masyarakat desa diantaranya, gotong royong, ronda atau sis kamling, rapat kerja, serta kegiatan sosial. Kegiatan sosial merupakan salah satu kegiatan yang mendominasi banyaknya terjadi sebuah interaksi anatara penganut agama Islam dan Kristen Advent. Kegiatan sosial ini salah satu contohnya adalah pelayanan kesehatan gratis yang diselenggarakan oleh penganut agama Kristen Advent dan dimanfaatkan oleh pemeluk agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Doctrines of Religions
Christianity
Islam
Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Lia Ulfah Farida
Date Deposited: 02 Jul 2018 06:00
Last Modified: 02 Jul 2018 06:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10631

Actions (login required)

View Item View Item