Ananda, Amalia (2025) Korelasi dimensi Kemandirian dan Self-Concept peserta didik fase B di sekolah dasar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstak.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARSM)
3_skbebasplagiarsm.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (215kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemandirian dan self-concept dalam perkembangan peserta didik Fase B di Sekolah Dasar. Kemandirian merupakan kemampuan anak untuk mengatur dirinya sendiri, meregulasi emosi, mengambil keputusan, menempatkan diri untuk beradaptasi pada setiap situasi dan menyelesaikan tugas tanpa ketergantungan yang berlebihan pada orang lain. Sementara itu, self-concept mencerminkan bagaimana seorang peserta didik memandang, menilai, dan memahami dirinya sendiri dalam berbagai aspek, termasuk akademik, sosial, dan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kemandirian peserta didik fase B di SDI Cendekia Muda Bandung, (2) Konsep diri peserta didik fase B di SDI Cendekia Muda Bandung, (3) Mengidentifikasi korelasi positif yang signifikan antara dimensi kemandirian dan self-concept peserta didik fase B di SDI Cendekia Muda. Keterkaitan antara Kemandirian dan self-concept menjadi penting untuk diteliti karena dapat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar dan perkembangan pribadi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Fase B di SDI Cendekia Muda yang berjumlah 110 peserta didik, dengan jumlah sampel sebanyak 86 peserta didik yang dipilih melalui teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan metode random sampling, yang memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk terpilih sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa skala Likeart kemandirian dan self-concept yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan pilot test. Hasil analisis data dengan statistik deskriptif menunjukkan bahwa dari 86 responden, mayoritas peserta didik memiliki tingkat kemandirian tinggi (67,4%), sementara 32,6% berada dalam kategori sedang. Pada aspek self-concept, sebagian besar peserta didik (61,6%) berada dalam kategori sedang, sedangkan 38,4% memiliki self-concept yang tinggi. Selanjutnya, teknik analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,503 dengan tingkat signifikansi p < 0,001, yang menunjukkan adanya hubungan positif dalam kategori sedang antara kemandirian dan self-concept peserta didik. Artinya, semakin tinggi tingkat kemandirian peserta didik, maka self-concept mereka juga cenderung lebih positif. Temuan ini mengindikasikan bahwa pengembangan kemandirian peserta didik dapat menjadi salah satu faktor penting dalam membentuk self-concept yang positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kemandirian; Self-Concept; Peserta Didik Fase B; Korelasi. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs amalia ananda |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 04:33 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 04:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106341 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |