Reza, Akmal (2025) Pengaruh dukungan sosial dan penerimaan diri terhadap motivasi menghafal Al-Qur'an pada Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTARISI)
4_daftarisi.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (569kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA: Menghafal al-Qur’an merupakan proses yang membutuhkan komitmen tinggi, ketekunan, serta dorongan internal dan eksternal. Mahasiswa dengan berbagai tantangan akademik dan non-akademik memengaruhi terhadap proses menghafal al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial dan penerimaan diri terhadap motivasi menghafal al-Qur’an pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kausalitas prediktif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, dengan melibatkan 80 mahasiswa penghafal al-Qur’an. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh dukungan sosial dan penerimaan diri terhadap motivasi menghafal al-Qur’an pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati sebesar 9.1% sedangkan sisanya sebesar 90.9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini ENGLISH: Memorizing the Qur'an is a process that requires high commitment, perseverance, and internal and external encouragement. Students with various academic and non-academic challenges affect the process of memorizing the Qur'an. The purpose of this study is to determine the influence of social support and self-acceptance on the motivation to memorize the Qur'an in students of UIN Sunan Gunung Djati Bandung. The research method used is predictive causality using multiple linear regression analysis. The research sample used a purposive sampling technique, involving 80 students who memorized the Qur'an. The results of this study show that the influence of social support and self-acceptance on the motivation to memorize the Qur'an in UIN Sunan Gunung Djati students is 9.1% while the remaining 90.9% is influenced by other factors that were not studied in this study.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan sosial; Penerimaan Diri; Motivasi; Mahasiswa penghafal al-Qur’an |
Subjects: | Psychology > Psychologist Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Musabaqah Tilawatil Qur'an, MTQ Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Akmal Reza Reza |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 08:32 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 08:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106531 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |