Indriani, Lia (2025) Perjodohan sebagai tradisi sunnah hasanah di Pondok Pesantren dalam perspektif sosiologi: Penelitian di Pondok Pesantren Al-Ihsan Cibiru Hilir. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (254kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pondok pesantren pada umumnya memiliki fungsi sebagai lembaga pendidikan. Namun, di Pondok Pesantren Al-Ihsan Cibiru Hilir memiliki tradisi perjodohaan atau sunnah hasanah. Dimana tradisi ini memiliki dampak bagi lembaga tersebut. Oleh karena itu, Pondok Pesantren Al-Ihsan tidak hanya memiliki fungsi sebagai lembaga pendidikan, tetapi memiliki fungsi lain yaitu fungsi perjodohan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kenapa di Pondok Pesantren Al-Ihsan terdapat perjodohan, apa faktor pendukung dan penghambat terjadinya perjodohan di Pondok Pesantren Al-Ihsan, dan bagaimana proses perjodohan di Pondok Pesantren Al-Ihsan dalam perspektif sosiologi. Pondok Pesantren Al-Ihsan memiliki banyak tradisi, namun yang menarik adalah perjodohan atau yang dikenal dengan tradisi sunnah hasanah. Tradisi sunnah hasanah ini sudah sejak ada 2002 di Pondok Pesantren Al-Ihsan dan sudah ada 160 pasang santri yang berjodoh di Pondok Pesantren Al-Ihsan. Dengan permasalahan ini peneiliti menggunakan teori structural fungsional dari Robert K.Meron, sehingga penelitian ini lebih mengarah pada perspektif sosiologi. Dalam penelitian ini menggunakan metode kulitatif deskrifptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fenomena yang diteliti berdasarkan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Al-Ihsan merupakan lembaga pendidikan yang dalam arti lain lembaga pendidikan merupakan fungsi manifest. Dimana pesantren sebagai lembaga pendidikan merupakan hal yang disengaja atau fungsi manifest. Pondok Pesantren Al-Ihsan memiliki tradisi perjodohan sunnah hasanah, dimana disebut sunnah hasanah ini dikarenakan perjodohan di lingkungan pesantren dianggap sebuah kegiatan yang baik dan memiliki tujuan baik. Perjodohan di Pondok Pesantren Al-Ihsan dianggap memiliki fungsi laten. Tradisi ini tidak bersifat memaksa, tetapi lebih sebagai rekomendasi dan bimbingan bagi santri yang ingin menikah. Ketika adanya keterpakssaan dalam perjododohan di Pondok Pesantren Al-Ihsan maka akan menciptakan disfungsi. Hal ini dianalisis melalui teori yang dipakai oleh peneliti, yaitu teori struktural fungsional dari Robert K Merton.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perjodohan; Sunnah Hasanah; Sosiologi |
Subjects: | Culture and Institutions Education > Sociology of Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Lia Indriani |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 07:31 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 07:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |