Munggarani, Puspa Medalina (2011) Penerapan model reciprocal teaching pada pembelajaran konsep sifat-sifat koloid: penelitian kelas pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (134kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
Text (BAB V)
7_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
Abstract
Proses pembelajaran pada konsep sifat-sifat koloid biasanya dilakukan dengan metode ceramah. Metode ceramah (teacher centered learning) tersebut sering kali membuat siswa menjadi tidak aktif dalam proses pembelajaran sehingga terkesan menjadi proses pembelajaran yang otoriter. Mengatasi permasalahan tersebut maka salah satu model yang dapat digunakan adalah reciprocal teaching dengan pendekatan konstruktivisme yang dapat diterapkan dan dikembangkan untuk menuju pada arah pembelajaran yang berorientasi pada student centered. Kegunaan penelitian secara umum diharapkan dapat memberikan sumbangan kepada pembelajaran kimia terutama pada konsep sifat-sifat koloid dengan menggunakan model reciprocal teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model reciprocal teaching pada pembelajaran konsep sifat-sifat koloid serta untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Garut setelah diterapkannya model reciprocal teaching pada pembelajaran konsep sifat-sifat koloid. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Garut yang berjumlah 40 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kelas karena bertujuan untuk meneliti permasalahan di dalam kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa deskripsi pembelajaran, artikel, format observasi, Lembar Kerja Siswa (LKS), format diskusi kelompok, dan tes hasil belajar. Dari analisis data diperoleh rata-rata nilai siswa pada lembar kerja reciprocal teaching adalah 78 dengan kualifikasi baik. Analisis nilai hasil pembelajaran per indikator, nilai rata-rata indikator soal ke satu pada kelompok tinggi adalah 86, pada kelompok sedang 76, sedangkan pada kelompok rendah 68. Sedangkan nilai rata-rata indikator soal ke dua pada kelompok tinggi adalah 84, kelompok sedang 80, dan kelompok rendah 79. Sementara itu nilai rata-rata keseluruhan penguasaan konsep pada kelompok tinggi adalah 85 dengan predikat baik sekali, kelompok sedang memperoleh nilai rata-rata 78 dengan predikat baik, sedangkan kelompok rendah memperoleh nilai 74 dengan predikat baik. Dari hasil belajar siswa pada konsep sifat-sifat koloid berkualifikasi baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada saat pretest adalah 49. Sedangkan nilai rata-rata yang didapat siswa pada saat posttest adalah 76. Jadi gainnya adalah 27. Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa thitung adalah sebesar 18,58 sedangkan ttabel adalah 2,02. Jadi nilai thitung > ttabel, yang berarti Ha diterima atau terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 SMAN 3 Garut setelah diterapkannya model reciprocal teaching pada konsep sifat-sifat koloid. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan model reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Garut secara signifikan pada konsep sifat-sifat koloid.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; Konsep Sifat-sifat Koloid; Model Reciprocal Teaching; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 03:25 |
Last Modified: | 13 Dec 2018 02:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1066 |
Actions (login required)
View Item |