Pengaruh model Reading Questioning and Answering (RQA) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak

Halimatussa'diyah, Siti (2025) Pengaruh model Reading Questioning and Answering (RQA) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
SK BEBAS PLAGRIARISM.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan aspek penting yang dapat dijadikan indikator keberhasilan dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model RQA terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem gerak. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, soal berindikator kognitif, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan model RQA mencapai kriteria sangat baik, sedangkan aktivitas guru dan siswa tanpa menggunakan model RQA mencapai kriteria baik. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada kelas dengan model RQA lebih tinggi dari kelas tanpa model RQA, yaitu nilai N-Gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas tanpa menggunakan model RQA memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,38 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig.0,01<0,05 maka, H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga model RQA berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem gerak. Respon siswa terhadap model RQA memperoleh hasil yang sangat baik dengan persentase 89%, sedangkan respon siswa pada kelas kontrol memperoleh nilai 79% dengan kategori cukup.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Kognitif; Reading Questioning and Answering (RQA); Sistem Gerak
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Siti Siti Halimatussa'diyah Halimatussa'diyah
Date Deposited: 24 Apr 2025 03:25
Last Modified: 24 Apr 2025 03:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106647

Actions (login required)

View Item View Item