Halimatussa'diyah, Siti (2025) Pengaruh model Reading Questioning and Answering (RQA) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
SK BEBAS PLAGRIARISM.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (411kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Hasil belajar merupakan aspek penting yang dapat dijadikan indikator keberhasilan dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model RQA terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem gerak. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, soal berindikator kognitif, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan model RQA mencapai kriteria sangat baik, sedangkan aktivitas guru dan siswa tanpa menggunakan model RQA mencapai kriteria baik. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada kelas dengan model RQA lebih tinggi dari kelas tanpa model RQA, yaitu nilai N-Gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas tanpa menggunakan model RQA memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,38 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig.0,01<0,05 maka, H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga model RQA berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem gerak. Respon siswa terhadap model RQA memperoleh hasil yang sangat baik dengan persentase 89%, sedangkan respon siswa pada kelas kontrol memperoleh nilai 79% dengan kategori cukup.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Kognitif; Reading Questioning and Answering (RQA); Sistem Gerak |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Siti Siti Halimatussa'diyah Halimatussa'diyah |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 03:25 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 03:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106647 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |