Pengaruh tawakal terhadap stres akademik: Studi pada siswa kelas 12 SMA Karya Budi

Ramadini, Nunung Novia (2025) Pengaruh tawakal terhadap stres akademik: Studi pada siswa kelas 12 SMA Karya Budi. Sarjana thesis, UIN sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf - Cover Image

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK NUNUNG NOVIA RAMADINI.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
1201040118 Nunung Novia Ramadini - Surat Keterangan Lulus Cek Plagiarisme.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I NUNUNG NOVIA RAMADINI.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II NUNUNG NOVIA RAMADINI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III NUNUNG NOVIA RAMADINI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV NUNUNG NOVIA RAMADINI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V NUNUNG NOVIA RAMADINI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam kehidupan akademis di Sekolah Menengah Atas (SMA), seorang siswa tidak dapat dipisahkan dengan problematika stres akademik yang dialami. Selama kehidupan akademik mereka, siswa menghadapi banyak tantangan, seperti perselisihan antar individu, masyarakat sosial, ekonomi, dan keluarga, serta pertanyaan tentang kewajiban dan tanggung jawab yang terkait dengan tugas yang diemban. Ini terutama berlaku untuk siswa di kelas dua belas yang sedang memasuki semester akhir. Tekanan terbesar dan tuntutan terbesar adalah untuk mencapai tujuan lulus dengan hasil yang baik dan dapat masuk ke universitas terkemuka. Siswa mungkin mengalami stres karena tujuan tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tawakal terhadap stres akademik pada siswa kelas 12 SMA Karya Budi. Populasi subjek sebanyak 191 siswa dan sampel pada penelitian ini berjumlah 66 siswa Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode regresi linear sederhana dan data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui Google Form. Teknik analisis data menggunakan uji instrument (uji validitas dan reabilitas), uji asumsi (uji normalitas dan linearitas), dan uji hipotesis (uji kofisien determinasi dan uji regresi linear sederhana) dengan menggunakan software IBM SPSS 30. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tawakal pada siswa kelas 12 SMA Karya Budi menunjukan berada pada tingkat sedang, sebanyak 30 subjek dengan presentase 45,5%. Kemudian, untuk stres akademik berada pada tingkat tinggi, sebanyak 50 subjek dengan presentase 75,8%. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukan bahwa tawakal dengan stres akademik saling berhubungan secara signifikan dengan diperolehnya nilaisignifikansi 0,002 (p= <0,05). Maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya tawakal yang dimiliki oleh siswa kelas 12 SMA Karya Budi berhubungan positif dengan stres akademik mereka. Dan hasil uji determinasi didapatkan hasil bahwa R square sebesar 0,032. Artinya variabel tawakal (X) memiliki pengaruh terhadap stres akademik sebesar 3,2%, sedangkan 96,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. meskipun hanya memberikan kontribusi pengaruh yang kecil, tawakal tetap dapat menjadi salah satu strategi dalam mengelola stres akademik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Siswa; tawakal; stres akademik
Subjects: Applied Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Islam > Sufi Orders
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Novia Nunung Ramadini
Date Deposited: 30 Apr 2025 02:39
Last Modified: 30 Apr 2025 02:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106881

Actions (login required)

View Item View Item