Penerapan metode tilawati untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’ān pada siswa Madrasah Ibtidaiyah: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V di MIS Al-Jihad Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat

Nurhayati, Nurhayati (2025) Penerapan metode tilawati untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’ān pada siswa Madrasah Ibtidaiyah: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V di MIS Al-Jihad Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah yang ditemukan dalam belajar membaca Al-Qur’ān siswa kelas V MIS Al-Jihad di kecamatan Padalarang kabupaten Bandung Barat, yang menunjukkan bahwa masih terdapat siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), karena belum adanya metode dalam pembelajaran membaca Al-Qur’ān. Berdasarkan penelitian tersebut, nilai rata-rata siswa mencapai 72,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 54,1%, yang masih rendah di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Permasalahan ini disebabkan bahwa masih ada siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’ān dengan benar sesuai kaidah ilmu tajwid. Selain itu, metode dan media pembelajaran yang digunakan belum sepenuhnya mendukung pengembangan kemampuan membaca Al-Qur’ān, sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’ān siswa dengan menggunakan metode tilawati. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain yang dikembangkan oleh Kurt Lewin, yang terdiri dari empat tahapan dalam setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus di kelas V MIS Al-Jihad. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan menghitung nilai rata-rata, ketuntasan belajar individu, ketuntasan belajar klasikal, serta analisis hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’ān siswa dengan menggunakan metode tilawati pada setiap siklusnya. Pada pra-siklus, terdapat siswa yang masih belum bisa membaca Al-Qurān dengan benar sesuai kaidah ilmu tajwid dengan nilai rata-rata 72,9 dan ketuntasan 54,1%. Setelah penerapan metode tilawati, nilai rata-rata meningkat menjadi 80,8 dengan ketuntasan 75% pada siklus I, dan akhirnya mencapai 83,7 dengan ketuntasan 83,3% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran tilawati dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’ān siswa pada mata pelajaran Al-Qur’ān Hadits di kelas V MIS Al-Jihad Padalarang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Tilawati; kemampuan membaca Al-Qur’an; Madrasah Ibtidaiyah; Penerapan Metode Pembelajaran
Subjects: Use of Other Information Media
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurhayati
Date Deposited: 30 Apr 2025 02:45
Last Modified: 30 Apr 2025 02:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106895

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item