Penerapan model Scramble berbantuan media kartu kata untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pembelajaran Bahasa Indonesia : Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Ash-Sholihat

Darajatin, Fera Nursolihat (2025) Penerapan model Scramble berbantuan media kartu kata untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pembelajaran Bahasa Indonesia : Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Ash-Sholihat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Pendidikan memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia, mencakupberbagai aspek kehidupan serta menjadi wadah pengetahuan yang dipengaruhi oleh beragam situasi dalam mengembangkan potensi setiap individu sepanjang hidupnya. Oleh karena itu, proses pendidikan hendaknya dilakukan secara efektif, tidak hanya berorientasi pada hasil belajar tetapi juga mendorong kreativitas siswa dalam memanfaatkan potensi belajar yang ada, serta dapat meningkatkan kemampuan siswa, salah satunya yaitu pemahaman siswa.Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di MI Ash-Sholihat peneliti menemukan permasalahan yakni rendahnya pemahaman siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penggunaan model scramble berbantuan media kartu kata merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V MI Ash-Sholihat.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pemahaman siswa sebelum diterapkan model scramble berbantuan media kartu kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Ash-Sholihat. (2) Mengetahui penerapan model scramble berbantuan media kartu kata untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Ash-Sholihat pada setiap siklusnya.(3) Mengetahui kemampuan pemahaman siswa setelah diterapkan model scramble berbantuan media kartu kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Ash-Sholihat pada setiap siklusnya. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus dengan menggunakan desain PTK yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Taggart dengan setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian ini dilakukan pada kelas V MI Ash-Sholihat yang terdiri dari 16 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi, tes uraian (essay) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman siswa pada pra-siklus memperoleh nilai rata-rata skor mencapai 55 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 31,25% berada pada kategori sangat rendah. (2) Penerapan model pembelajaran scramble berbantuan media kartu kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V dapat terlaksana dengan baik. Skor yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I 70,37%, siklus II 85,18%, siklus III 96,29%. Adapun rata-rata skor observasi aktivitas siswa yaitu 65,62% pada siklus I, 73,75% pada siklus II, dan 86,25% pada siklus III. (3) Adanya peningkatan pemahaman siswa pada setiap siklus yaitu 37,50% (sangat rendah) pada siklus I, 56,25% (rendah) pada siklus II, dan 81,25% (tinggi) pada siklus III. Penelitian ini berakhir pada siklus III karena pada siklus tersebut siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sudah mencapai lebih dari 70% dan ketuntasan klasikal siswa berada pada kategori tinggi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model Scramble; media kartu kata; pemahaman siswa; Bahasa Indonesia:
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Elementary Education
Elementary Education > Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fera Nursolihat Darajatin
Date Deposited: 02 May 2025 02:32
Last Modified: 02 May 2025 03:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106937

Actions (login required)

View Item View Item