Pengaruh literasi media terhadap partisipasi mahasiswa dalam wacana konflik Palestina-Israel di Media Sosial

Mardiana, Puja Dikusuma (2025) Pengaruh literasi media terhadap partisipasi mahasiswa dalam wacana konflik Palestina-Israel di Media Sosial. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Plagiat puja (2).pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftarisi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB1.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena meningkatnya eksposur mahasiswa terhadap isu-isu global melalui media sosial, yang menuntut kemampuan literasi media agar mampu menyaring informasi secara kritis dan bertanggung jawab. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori literasi media dan teori media exposure. Teori media exposure menjelaskan bahwa frekuensi, durasi, dan intensitas keterpaparan individu terhadap media memiliki pengaruh terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku. Dalam konteks ini, mahasiswa yang terpapar secara intensif terhadap isu Palestina-Israel di media sosial dan memiliki kemampuan literasi media yang tinggi akan lebih mampu memahami, mengevaluasi, serta merespons informasi secara kritis dan produktif. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma positivisme, yang menekankan pada pendekatan objektif, sistematis, dan terukur dalam memahami fenomena sosial. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dan termasuk ke dalam jenis penelitian korelasional, yang bertujuan untuk menguji hubungan antara dua variabel, yaitu literasi media dan partisipasi mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden mahasiswa. Instrumen penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan perangkat lunak lunak SPSS versi 27 untuk memastikan bahwa alat ukur yang digunakan akurat dan konsisten. Analisis data dilakukan melalui serangkaian uji statistik, yaitu uji korelasi pearson, uji regresi linear sederhana, uji koefesien determinasi serta uji linearitas, guna mengetahui sejauh mana literasi media berpengaruh terhadap partisipasi mahasiswa dalam menyikapi pemberitaan konflik Palestina-Israel di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi media terhadap partisipasi mahasiswa dalam menyikapi pemberitaan konflik Palestina-Israel di media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi media memiliki pengaruh positif terhadap partisipasi mahasiswa dalam menyikapi pemberitaan konflik Palestina-Israel di media sosial. Hasil uji regresi menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,012 (p < 0,05) dengan nilai R Square sebesar 0,063, yang berarti sebesar 6,3% partisipasi mahasiswa dapat dijelaskan oleh kemampuan literasi media yang dimiliki. Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan adanya hubungan positif antara kedua variabel dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,251. Temuan ini mengindikasikan bahwa mahasiswa yang memiliki literasi media lebih tinggi dan terpapar secara aktif terhadap informasi di media sosial cenderung lebih aktif dan reflektif dalam menyikapi pemberitaan konflik Palestina-Israel.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi Media; Partisipasi Mahasiswa; Konflik Palestina-Israel; Media Sosial; Media Exposure
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Puja Dikusuma Mardiana
Date Deposited: 14 May 2025 09:00
Last Modified: 14 May 2025 09:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106958

Actions (login required)

View Item View Item