Rahman, Muhammad Arief (2025) Penerapan metode Alghaz untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fikih: Penelitian di Kelas XI MA Swasta Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
Lembar Pernyataan Sendiri.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (280kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran Fikih. Rendahnya pemahaman siswa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu penerapan metode pembelajaran yang kurang efektif dan keterlibatan siswa yang kurang berpartisipasi dengan baik. Pemahaman siswa dapat ditingkatkan dengan memperbaiki metode pembelajaran. Banyak metode pembelajaran interaktif yang dapat diterapkan, peneliti menerapkan metode Alghaz atau tebak-tebakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui realitas pemahaman siswa kelas XI MA Swasta Al-Jawami Cileunyi pada mata pelajaran fikih sebelum diterapkan metode pembelajaran Alghaz (2) mengetahui penerapan metode Alghaz untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas XI MA Swasta Al-Jawami Cileunyi pada mata pelajaran fikih dan (3) mengetahui realitas pemahaman siswa kelas XI MA Swasta Al-Jawami Cileunyi pada mata pelajaran fikih setelah diterapkan metode pembelajaran Alghaz. Dengan menggunakan metode Alghaz yang menggabungkan antara pendidikan dengan tebak-tebakan maka dapat menumbuhkan semangat dalam kegiatan belajar, meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dan keterlibatan siswa, memperkuat motivasi belajar, dan mengurangi rasa bosan saat pembelajaran. Siswa saat ini lebih tertarik dengan metode pembelajaran yang menantang dan menggunakan tebak-tebakan atau teka-teki yang unik. Ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik bagi siswa, tetapi juga memungkinkan pengajar untuk menyajikan materi dengan cara yang lebih variatif dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi-Eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Desain. Penelitian ini dilaksanakan selama empat kali pertemuan. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IIS sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 16 orang, dan kelas XI MIA sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Alghaz secara signifikan terhadap pemahaman siswa dalam mata pelajaran fikih meningkat dengan rata-rata tes awal 50,42 menjadi rata-rata tes akhir 88,43 pada kelas ekasperimen. Meskipun kedua kelompok menunjukkan peningkatan, kelompok yang menerima pembelajaran dengan metode Alghaz cenderung menunjukkan peningkatan yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alghaz; Pemahaman Siswa; Fikih |
Subjects: | Islam Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Arief Rahman |
Date Deposited: | 07 May 2025 02:10 |
Last Modified: | 07 May 2025 03:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107010 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |