Penerapan metode Alghaz untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fikih: Penelitian di Kelas XI MA Swasta Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung

Rahman, Muhammad Arief (2025) Penerapan metode Alghaz untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fikih: Penelitian di Kelas XI MA Swasta Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
Lembar Pernyataan Sendiri.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran Fikih. Rendahnya pemahaman siswa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu penerapan metode pembelajaran yang kurang efektif dan keterlibatan siswa yang kurang berpartisipasi dengan baik. Pemahaman siswa dapat ditingkatkan dengan memperbaiki metode pembelajaran. Banyak metode pembelajaran interaktif yang dapat diterapkan, peneliti menerapkan metode Alghaz atau tebak-tebakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui realitas pemahaman siswa kelas XI MA Swasta Al-Jawami Cileunyi pada mata pelajaran fikih sebelum diterapkan metode pembelajaran Alghaz (2) mengetahui penerapan metode Alghaz untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas XI MA Swasta Al-Jawami Cileunyi pada mata pelajaran fikih dan (3) mengetahui realitas pemahaman siswa kelas XI MA Swasta Al-Jawami Cileunyi pada mata pelajaran fikih setelah diterapkan metode pembelajaran Alghaz. Dengan menggunakan metode Alghaz yang menggabungkan antara pendidikan dengan tebak-tebakan maka dapat menumbuhkan semangat dalam kegiatan belajar, meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dan keterlibatan siswa, memperkuat motivasi belajar, dan mengurangi rasa bosan saat pembelajaran. Siswa saat ini lebih tertarik dengan metode pembelajaran yang menantang dan menggunakan tebak-tebakan atau teka-teki yang unik. Ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik bagi siswa, tetapi juga memungkinkan pengajar untuk menyajikan materi dengan cara yang lebih variatif dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi-Eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Desain. Penelitian ini dilaksanakan selama empat kali pertemuan. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IIS sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 16 orang, dan kelas XI MIA sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Alghaz secara signifikan terhadap pemahaman siswa dalam mata pelajaran fikih meningkat dengan rata-rata tes awal 50,42 menjadi rata-rata tes akhir 88,43 pada kelas ekasperimen. Meskipun kedua kelompok menunjukkan peningkatan, kelompok yang menerima pembelajaran dengan metode Alghaz cenderung menunjukkan peningkatan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Alghaz; Pemahaman Siswa; Fikih
Subjects: Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Arief Rahman
Date Deposited: 07 May 2025 02:10
Last Modified: 07 May 2025 03:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107010

Actions (login required)

View Item View Item