Penerapan metode Nadzom untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Fiqih: Penelitian Quasy eksperiment pada siswa kelas VII MTs Muawanah Cisayong

Nurhayati, Neneng Dewi (2025) Penerapan metode Nadzom untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Fiqih: Penelitian Quasy eksperiment pada siswa kelas VII MTs Muawanah Cisayong. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
surat pernyataan neneng dewi.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Daftar isi.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab 1.pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MTs. Muawanah Cisayong Tasikmalaya, berlandaskan hasil wawancara dan observasi awal peneliti mengenai kurangnya hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran fiqih khususnya materi tentang shalat. Masih banyak peserta didik yang hasil belajar kognitifnya dibawah kriteria ketuntasan minimum. Faktor – faktor yang menyebabkan kurangnya hasil belajar peserta didik sangat beragam, diantaranya faktor dari lingkungan, guru dan peserta didik itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji penerapan metode nadzom pada mata pelajaran fiqih materi tentang shalat dan menganalisis sejauh mana peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik menggunakan metode nadzom pada materi tersebut. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa metode pembelajaran nadzom merupakan metode yang tepat untuk membantu meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan yakni hasil belajar kognitif peserta didik pada pelajaran fiqih mengenai shalat yang memperoleh pembelajaran dengan metode nadzom lebih baik dari hasil belajar kognitif peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan metode konvensional. Pendekatan penelitian yang diterapkan dalam studi ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar, yang mencakup pretest dan posttest. Terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar kognitif peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi (sig. 2-tailed) berdasarkan uji-t adalah 0,014. Karena nilai probabilitas tersebut lebih kecil dari 0,05, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, sedangkan hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode nadzom terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode; Pembelajaran; Nadzom; Pendidikan; Hasil Belajar; Peserta Didik
Subjects: Knowledge > Descriptive and Experimental Methods
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Neneng Dewi Nurhayati
Date Deposited: 02 May 2025 07:12
Last Modified: 02 May 2025 07:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107040

Actions (login required)

View Item View Item