Utami, Putri (2018) Bimbingan sholat melalui teknik modeling dalam menumbuhkan perilaku beragama anak usia dini: penelitian di RA. Al-Anshori Tegal Munjul Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Putri Utami. Bimbingan Sholat melalui Teknik Modeling dalam Menumbuhkan Perilaku Beragama Anak Usia Dini. RA. Al-Anshori merupakan wadah untuk mencetak generasi muslim yang berakhlaq mulia, bersikap dan bertutur kata yang baik. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menumbuhkan perilaku beragama pada diri anak. Bimbingan sholat di RA. Al-Anshori ini dalam pelaksanaannya menggunakan teknik modeling, pembimbing dijadikan sebagai teladan oleh anak didiknya. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kondisi perilaku beragama anak usia dini di RA. Al-Anshori Tegal Munjul Purwakarta. Untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan Sholat melalui teknik modeling di RA Al-Anshori Tegal Munjul Purwakarta. Untuk mengetahui kondisi perilaku beragama anak usia dini setelah mengikuti bimbingan Sholat melalui teknik modeling di RA. Al-Anshori Tegal Munjul Purwakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitiatif, dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara langsung dengan anak didik, pembimbing (guru) dan kepala sekolah RA. Al-Anshori Tegal Munjul Purwakarta. Analisis data lebih difokuskan pada analisis data secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Perilaku beragama anak usia dini di RA.Al-Anshori belum berkembang dengan baik mengenai Sholat. Bimbingan Sholat menjadi kegiatan untuk mengatasi permasalahan dalam menumbuhkan perilaku beragama anak. pembimbing menggunakan teknik modeling, melalui beberapa tahap, yaitu 1) Tahap Perhatian 2) Tahap Retensi 3) Tahap Reproduksi 4) Tahap Motivasi dan Penguatan. Hasil Bimbingan Sholat melalui teknik modeling dalam menumbuhkan perilaku beragama anak usia dini di RA.Al-Anshori Tegal Munjul Purwakarta ditandai dengan adanya kemajuan-kemajuan pada diri anak dalam berperilaku. Seperti anak sudah dapat membacakan doa sehari-hari sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, perubahan akhlaq, anak paham bagaimana harus bersikap sopan terhadap orang tua, membantu teman selain itu anak sudah dapat menghafal surat-surat pendek dalam Al-Quran, dan anak sudah dapat menghafal bacaan dan mempraktikan gerakan Sholat. Setelah mengikuti kegiatan bimbingan Sholat, anak siap menjadi pribadi yang memiliki perilaku beragama baik, yang dapat hidup di masyarakat dan memiliki pengaruh baik dikemudian hari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Sholat; Teknik Modeling; Perilaku Beragama; Anak Usia Dini |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Putri Utami Prasetyo |
Date Deposited: | 09 Jul 2019 07:44 |
Last Modified: | 09 Jul 2019 07:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10722 |
Actions (login required)
View Item |