Pengaruh layanan bimbingan karier terhadap perencanaan karier siswa : Penelitian kepada siswa putra kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Persis Tarogong Garut tahun ajaran 2024/2025

Nabi, Nashirun (2025) Pengaruh layanan bimbingan karier terhadap perencanaan karier siswa : Penelitian kepada siswa putra kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Persis Tarogong Garut tahun ajaran 2024/2025. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
lembar pernyataann.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam merencanakan karier akibat kurangnya pemahaman terhadap minat, bakat, dan potensi diri, yang berujung pada kebingungan dalam menentukan langkah pendidikan dan karier masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh layanan bimbingan karier terhadap perencanaan karier siswa kelas IX di MTs Persis Tarogong Garut tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini berlandaskan pada Teori Super yang dikemukakan oleh Donald E. Super, yang menekankan bahwa perkembangan karier adalah proses seumur hidup yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk minat, kemampuan, dan nilai-nilai individu. Teori ini juga menggarisbawahi pentingnya pemahaman diri dan lingkungan dalam pengambilan keputusan karier. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Sampel penelitian terdiri dari 31 siswa kelas IX, yang dipilih menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert dan dianalisis menggunakan SPSS versi 27. Temuan penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan karier memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perencanaan karier siswa. Uji regresi menghasilkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,55 (55%), yang menunjukkan bahwa layanan bimbingan karier memberikan pengaruh yang cukup signifikan dalam membantu perencanaan karier siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa layanan bimbingan karier memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam meningkatkan perencanaan karier siswa. Namun demikian, masih terdapat 45% variabel lain yang turut memengaruhi perencanaan karier siswa. Faktor-faktor tersebut dapat berupa jenis layanan lain yang berkaitan dengan karier, serta aspek ekonomi, sosial, dan budaya yang juga berperan dalam menentukan arah perencanaan karier siswa. Oleh karena itu, sekolah perlu mengoptimalkan program bimbingan karier sekaligus mempertimbangkan faktor eksternal lainnya agar siswa dapat menentukan jalur pendidikan dan karier yang sesuai dengan potensi mereka

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan karier; Perencanaan Karier; Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: nashirun nabi
Date Deposited: 06 May 2025 07:53
Last Modified: 06 May 2025 07:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107262

Actions (login required)

View Item View Item