Syifa, Devina Nurrul (2025) Hubungan fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas V di Sekolah Dasar Bintang Madani. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-Devina Nurrul Syifa (1).pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (167kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (966kB) |
Abstract
Devina Nurrul Syifa (1212090036) 2025, Hubungan Fasilitas Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas V di Sekolah Dasar Bintang Madani. Skripsi, Pendidikan Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pemanfaatan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Sekolah Dasar Bintang Madani. Fasilitas belajar merupakan salah satu faktor penting dalam mendukung keberhasilan proses pembelajaran, di mana ketersediaan dan pemanfaatannya dapat memengaruhi kualitas hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di Sekolah Dasar Bintang Madani, dengan sampel yang diambil secara acak. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik untuk mengetahui korelasi antara variabel fasilitas belajar dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan fasilitas belajar di Sekolah Dasar Bintang Madani berada dalam kategori baik, dengan nilai rata-rata keseluruhan indikator variabel fasilitas belajar (X) sebesar 34,62, yang berada pada skala interval 51,91 – 58,49. Kualitas hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS termasuk dalam kategori sedang, dengan nilai rata-rata keseluruhan indikator variabel hasil belajar (Y) sebesar 34,62, yang berada pada skala interval 47,00 – 70,00. Analisis korelasi menunjukkan bahwa hubungan antara fasilitas belajar dan hasil belajar siswa berada dalam kategori sangat rendah, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,122. Nilai signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,122 (p > 0,05) menunjukkan bahwa meskipun terdapat hubungan antara kedua variabel, namun hubungan tersebut tidak signifikan. Kontribusi fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa hanya sebesar 1,4884%, sedangkan 98,5116% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor internal, fisiologis, dan psikologis. Hasil ini mengindikasikan bahwa meskipun fasilitas belajar memiliki peran dalam mendukung pembelajaran, faktor lain memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, upaya peningkatan kualitas pembelajaran perlu memperhatikan aspek-aspek lain seperti motivasi, metode pengajaran, dan lingkungan belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fasilitas belajar; hasil belajar; IPAS; Sekolah Dasar |
Subjects: | Accounting > Education, Research of Accounting General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syifa Nurul Devina |
Date Deposited: | 07 May 2025 08:22 |
Last Modified: | 07 May 2025 08:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107331 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |