Pengembangan media ular tangga berbasis digital pada pembelajaran bahasa Arab

Nurhidayah, Yusnia Oktovi (2025) Pengembangan media ular tangga berbasis digital pada pembelajaran bahasa Arab. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRA)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Yusnia Oktovi Nurhidayah (1202090145) “Pengembangan Media Ular Tangga Berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Arab”. Skipsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujtahidin. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, siswa menunjukkan minat belajar yang rendah terhadap mata pelajaran Bahasa Arab. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas media ular tangga berbasis digital dalam meningkatkan minat belajar siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 24 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan inferensial yang mencakup uji kelayakan media, uji kelayakan materi, serta analisis respons siswa terhadap media yang dikembangkan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ular tangga berbasis digital memiliki tingkat kelayakan yang tinggi. Penilaian oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 2,95 dengan persentase 73,75%, yang dikategorikan layak. Penilaian ahli materi juga mendapatkan skor rata-rata 3 dengan persentase 73,75% dengan kategori layak. Respon siswa terhadap penggunaan media ini sangat positif. Pada uji coba kelompok kecil, media memperoleh skor 95,9%, sedangkan pada uji coba lapangan utama mendapatkan skor 82,22%. Hal ini menunjukkan bahwa media ular tangga berbasis digital efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Arab. Keefektifan media ular tangga manual tergolong dalam kategori "Sedang", dengan persentase rata-rata 57,83% dan skor rata-rata 2,89. Sebaliknya, media ular tangga berbasis digital menunjukkan peningkatan keefektifan yang signifikan dengan kategori "Sangat Tinggi", memiliki persentase rata-rata 85,5% dan skor rata-rata 4,275. Perbedaan ini menunjukkan bahwa penggunaan media digital secara efektif mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media ular tangga berbasis digital efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Arab. Media ini layak digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pengajaran Bahasa Arab di tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran terbukti memberikan dampak positif terhadap daya tarik dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; media ular tangga berbasis digital; pada pembelajaran bahasa Arab
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yusnia Oktovi Nurhidayah
Date Deposited: 09 May 2025 06:40
Last Modified: 09 May 2025 06:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107598

Actions (login required)

View Item View Item