Aktivitas Public Relations Writing melalui penulisan penulisan pesan persuasif: Studi deskriptif kualitatif pada website disdik.jabarprov.go.id

Susilo, Melinda (2025) Aktivitas Public Relations Writing melalui penulisan penulisan pesan persuasif: Studi deskriptif kualitatif pada website disdik.jabarprov.go.id. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Plagiarism.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Public Relations Writing adalah aktivitas menulis yang bertujuan membangun dan menjaga hubungan positif dengan publik, sekaligus memengaruhi sikap dan perilaku mereka. Pada dasarnya, Public Relations Writing merupakan seni persuasi, karena tujuannya bukan sekadar menyampaikan informasi. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, sebagai instansi pemerintah, memanfaatkan website sebagai media dalam praktik Public Relations Writing. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menjadi objek penelitian yang tepat karena rilis yang dipublikasikan bertujuan memotivasi pembaca sekaligus menjaga opini publik yang positif terhadap instansi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami Aktivitas Public Relations Writing melalui Penulisan Penulisan Pesan Persuasif yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat di website disdik.jabarprov.go.id., melalui konsep teknik komunikasi persuasif yang dikemukakan oleh Onong Uchajana Effendy yaitu diantaranya Teknik Asosiasi, Teknik Integrasi, Teknik Ganjaran, dan Teknik Tataan. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan paradigma konstruktivisme. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara dan observasi partisipasi pasif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat sebagai instansi pemerintah, melakukan aktivitas Public Relations Writing dengan dibersamai oleh kode etik dan etika pemerintahan. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat mengimplementasikan konsep teknik komunikasi persuasif oleh Onong Uchajana Effendy, yakni: (1) Teknik Asosiasi melalui asosiasi fenomena menarik yang relevan, (2) Teknik Integrasi melalui penyesuaian bahasa berdasarkan sasaran audiens, penggunaan kutipan langsung narasumber, serta penggunaan diksi yang menunjukkan kebersamaan, (3) Teknik Ganjaran melalui dukungan verbal, dorongan semangat, penghargaan formal, serta penyertaan kutipan motivasi dari narasumber relevan, dan (4) Teknik tataan melalui penataan isi, tampilan, serta keseimbangan tampilan dan isi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Public Relations Writing; Komunikasi Persuasif; Rilis
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Melinda Susilo
Date Deposited: 14 May 2025 03:19
Last Modified: 14 May 2025 03:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107749

Actions (login required)

View Item View Item