Konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy sebagai upaya meningkatkan kualitas circle pertemanan remaja

Nurjanah, Siti (2025) Konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy sebagai upaya meningkatkan kualitas circle pertemanan remaja. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Bebas Plagiasi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan fenomena circle pertemanan remaja yang sedang berkembang dikehidupan remaja. Circle pertemanan sangat mempengaruhi kehidupan remaja baik sebagai individu maupun sebagai makhluk sosial. Keberadaan circle pertemanan di lingkungan remaja dapat menjadi salah satu pembentuk aspek kehidupan remaja seperti aspek pribadi, belajar, sosial, dan karir. Oleh sebab itu, kualitas circle pertemanan menjadi suatu hal yang penting dalam kehidupan remaja. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui kondisi circle pertemanan remaja yang terdapat di SMP Negeri 51 Bandung, mengetahui proses konseling kelompok dengan pendekatan REBT sebagai upaya meningkatkan kualitas circle pertemanan remaja di SMP Negeri 51 Bandung dan mengetahui hasil yang ditunjukkan setelah dilakukannya konseling kelompok dengan pendekatan REBT kualitas circle pertemanan di SMP Negeri 51 Bandung. Penelitian berlandaskan pada beberapa teori yaitu teori dinamika kelompok, teori REBT, dan teori kualitas circle pertemanan. Hal ini disebabkan dari adanya kualitas circle pertemanan yang perlu ditingkatkan karena dapat berpengaruh buruk pada individu-individu di dalamnya. Salah satu penyebab kualitas circle pertemanan yang negatif adalah adanya pikiran irasional yang dimiliki oleh individu di dalamnya. Oleh karena itu, upaya yang dapat dilakukan adalah dengan konseling kelompok agar dengan pendekatan REBT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yang menjelaskan dalam bentuk deskripsi mengenai temuan-temuan yang didapatkan sesuai dengan tujuan penelitian yang telah ditentukan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian konseling kelompok dengan pendekatan REBT dapat dilihat dari setelah dilakukannya tahapan penyadaran pikiran dan keyakinan irasional yang dimiliki siswa yang menunjukkan hasil bahwa siswa telah menyadari pikiran dan keyakinan irasional yang dimilikinya dan dapat dilihat dari keyakinan siswa yang lebih rasional dan perilaku yang menunjukkan ke arah yang lebih baik. Kualitas circle pertemanan remaja tersebut dapat meningkat apabila individu di dalamnya tidak memiliki pikiran yang irasional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok; REBT; Circle Pertemanan; Remaja
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Applied Psychology > Interpersonal Relations
Applied Psychology > Interpersonal Relations with Friends and Neighbors
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: siti nurjanah
Date Deposited: 16 May 2025 01:23
Last Modified: 16 May 2025 01:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107784

Actions (login required)

View Item View Item