Inayati, Nadila Sofia (2025) Manajemen pelayanan bimbingan manasik haji dan umrah di kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Multazam Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (208kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Manajemen Pelayanan Bimbingan Manasik Haji dan Umrah di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Multazam Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis. Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Multazam sebagai salah satu mitra pemerintah dalam penyelenggaraan Ibadah Haji dalam hal pembimbingan manasik dan tempat konsultasi berkomitmen untuk menyelenggarakan program bimbingan ibadah haji dan umrah yang berkualitas dengan memperhatikan standar, proses serta pengendalian pelayanan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana standar, proses serta pengendaian pelayanan dalam bimbingan ibadah haji dan umrah di KBIHU Multazam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen pelayanan menurut Moenir merupakan manajemen proses, yaitu sisi manajemen yang mengatur dan mengendalikan proses layanan, agar mekanisme kegiatan pelayanan dapat berjalan tertib, lancar, tetap mengenai sasaran dan memuaskan bagi pihak yang harus dilayani. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menggambarkan secara mendalam fenomena yang diteliti. Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung (observasi), wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Dengan paradigma konstruktivisme, penelitian ini menghasilkan temuan yang bersifat deskriptif, komparatif, dan bermakna. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen pelayanan dalam bimbingan ibadah haji dan umrah di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Multazam sudah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dalam kebijakan penyelenggaraan ibadah haji. Dengan demikian, jika Manajemen pelayanan dilakukan dengan memperhataikan tiga aspek yaitu aspek standar pelayanan, proses layanan dan pengendalian layanan secara sempurna maka tujuan dari pelayanan tersebut akan tercapai. Adapun indikator ketercapaian tujuan dari pelayanan yaitu penyedia layanan melaksanakan kegiatan pemberian layanan sesuai dengan Standard Operating procedure (SOP) yang berlaku dan hasil evaluasi menunjukan bahwa penerima layanan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Manasik; Manajemen Pelayanan |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Ibadah Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Umrah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah |
Depositing User: | Nadila Sofia Inayati |
Date Deposited: | 16 May 2025 01:50 |
Last Modified: | 16 May 2025 01:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |