Pengaruh metode diskusi berbasis media infografis terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas IV: Penelitian korelasi pada siswa kelas IV MI Al-Mujtahidin Kabupaten Bandung Barat

Husna, Alisya Roudhotul (2025) Pengaruh metode diskusi berbasis media infografis terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas IV: Penelitian korelasi pada siswa kelas IV MI Al-Mujtahidin Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Form-Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-ALISYA ROUDHOTUL HUSNA.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran-Lampiran (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilata belakangi karena kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas IV MI Al-Mujtahidin Kabupaten Bandung Barat. Berdasarkan data yang diperoleh 52,7% peserta didik kelas IV MI Al-Mujtahidin kurang minat nya pada mata pelajaran SKI yang dimana selama pembelajatan SKI siswa cenderung mudah bosan dan kurang nya minat belajar di kelas. Sehingga peneliti ingin meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran SKI di kelas IV MI Al-Mujtahidin dengan menggunkan media visual interaktif yaitu metode diskusi berbasis media infografis yang dapat memudahkan peserta didik mudah menyerap materi pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) untuk mengetahui bagaimana metode diskusi berbasis media media infografis pada mata pelajaran SKI di kelas IV MI Al-Mujtahidin. 2) untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas IV MI Al-Mujtahidin. 3) untuk mengetahui hubungan antara metode diskusi berbasis media infografis terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas IV MI Al- Mujtahidin. 4) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode diskusi berbasis media infografis terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas IV MI Al- Mujtahidin Kabupaten Bandung Barat. Berdasarkan teori penelitian ini yaitu atas dasar teori konstuktivisme yang dikembangkan oleh Jean Piaget dan Lev Vigostsky yang mengemukakan bahwa seseorang belajar atau mendapatkan pengetahuan dari hasil mengkontruksikan informasi-informasi yang ia peroleh. Pendekatan penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dengan skala likert dan rubrik penilaian, dengan pernyataan yang diturunkan dari indikator metode diskusi berbasis media infigrafis dan minat belajar siswa. penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 21 responden dari peserta didik kelas IV MI Al-Mujtahidin. Analisis data pada penelitian ini menggunkan analisis deskriptif dan inferensisal yang meliputi 1) uji normalitas 2) uji linearitas 3) uji korelasi dan 4) uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa kedua variabel dinyatakan berdistribusi normal, kedua variabel dinyatakan linear, kemudian kedua variabel saling berpengarh dan memiliki hubungan. Dari hasil penelitian diperoleh hasil nilai koefisien korelasi sebesar 0.840, yang berada pada tingkat hubungan yang sangat kuat. Sedangkan untuk angka koefisien determinasinya sebesar 0.705 atau sama 70,5%, yang berarti metode diskusi berbasis media infografis berpenaruh sebesar 70.5% terhadap minat belajar siswa, sisanya di pengaruhi variabel lain. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi dan pengaruh antara metode diskusi berbasis media indigrafis terhadap minat belajar siswa pada peserta didik kelas IV MI Al-Mijtahidin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar; Metode Diskusi; Media Infografis;
Subjects: Special Computer Methods
Relationship of Libraries
Operations, Archieves, Information Centers
Operations, Archieves, Information Centers > Digital Library
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School
Building for Educational and Research Purposes
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alisya Alisya Husna
Date Deposited: 21 May 2025 03:57
Last Modified: 21 May 2025 04:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107931

Actions (login required)

View Item View Item