Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan keterampilan Membaca Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pokok Bahasan Farm Animals : Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas III MI Bongas IV Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat

Maulidah, Ika Rahmatul (2017) Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan keterampilan Membaca Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pokok Bahasan Farm Animals : Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas III MI Bongas IV Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang ditemukan di kelas III MI Bongas IV Cililin Bandung Barat,yaitu pada kegiatan belajar mengajar penggunaan media pembelajaran kurang diperhatikan guru dan cenderung mengajar dengan metode konvensional yang menyebabkan beberapa anak kesulitan membaca kata dalam bahasa Inggris dan kurang termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris sebelum menggunakan media big book di kelas III MI Bongas IV Cililin; 2) proses pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan media Big Book dikelas III MI Bongas IV Cililin; dan 3) keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris setelah menggunakan media Big Book di kelas III MI Bongas IV Cililin. Penelitian ini mengacu pada teori yang menyatakan bahwa membaca dengan menggunakan big book baik dilakukan di kelas rendah karena belum terampil membaca serta dapat membantu meningkatkan minat siswa dalam membaca.Dari asumsi teori diatas dirumuskan hipotesis,dengan menggunakan media Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris di kelas III. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri 4 tahap yang berulang yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang berlangsung selama dua siklus dengan 4 pertemuan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini ini yaitu silabus, RPP, lembar observasi, dan lembar unjuk kerja. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes, dengan subjek penelitian siswa kelas III A MI Bongas IV Cililin yang berjumlah 22 orang siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Dari hasil penelitian dan analisis data diperoleh: 1)keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris sebelum menggunakan media Big Book sebesar 45% dan belum memenuhi KKM. 2) Hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada setiap tindakan mengalami peningkatan, yaitu tindakan ke-1 pertemuan 1 sebesar 90,48% dan pertemuan 2 sebesar 100%. Tindakanke-2 pertemuan 1 sebesar 95% dan pertemuan 2 sebesar 100%. Begitupun presentasi aktivitas siswa pada siklus I tindakan ke-1 pertemuan 1 72,72 %, tindakan ke-1 pertemuan 2 sebesar 80,60%. Sedangkan pada siklus 2 tindakan ke-2 pertemuan 1 sebesar 82,72% dan pertemuan 2 sebesar 90,60%.3) Nilai rata-rata seluruh siswa setelah menggunakan media Big Book megalami peningkatan, yaitu siklus 1 tindakan ke-1 pertemuan 1 bernilai 57,67 dan pertemuan 2 sebesar 64,49. Siklus 2 tindakan ke-2 pertemuan 1 sebesar 69,6 dan pertemuan2 sebesar 74,43. Berdasarkan persentase hasil belajar siswa di atas, dapat dikatakan bahwa penggunaan media big book dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas III A MI Bongas IV pada mata pelajaran Bahasa Inggris pokok bahasan farm animals.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Big Book; Keterampilan Membaca
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
English
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ika Rahmatul Maulidah
Date Deposited: 05 Jul 2018 08:35
Last Modified: 05 Jul 2018 08:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10815

Actions (login required)

View Item View Item