Aktivitas media monitoring PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam memantau opini publik: studi deskriptif pada humas kantor pusat PT Kereta Api Indonesia (Persero) Periode Januari-April 2024

Salsabila, Diva Aulia (2025) Aktivitas media monitoring PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam memantau opini publik: studi deskriptif pada humas kantor pusat PT Kereta Api Indonesia (Persero) Periode Januari-April 2024. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media Monitoring merupakan sebuah aktivitas pemantauan berita atau informasi yang dilakukan pada berbagai media. Pemberitaan tentang PT KAI (Persero) banyak sekali tersebar di berbagai media setiap harinya, sehingga perlu untuk dilakukan pemantauan agar tidak memunculkan opini atau perspektif negatif dari berita atau informasi yang tidak sesuai. Penelitian ini berfokus pada aktivitas Media Monitoring yang dilaksanakan oleh Unit Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam memantau opini publik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses “to find” (menemukan) seluruh pemberitaan tentang KAI di berbagai media, “to detect” (mendeteksi) kategori dan kebenaran seluruh pemberitaan tentang KAI dan “to detter” (mencegah) pemberitaan negatif atau hoax tentang KAI. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Konsep yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu menggunakan konsep Media Monitoring menurut William J Comcowich yaitu to find, to detect dan to detter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan tahap “to find” dengan cara laporan dari konsultan dan pencarian manual. Tahap “to detect” dilakukan dengan mendeteksi klasifikasi tone pemberitaan, cross-checking pemberitaaan atau isu, dan evaluasi. Tahap “to detter” dilakukan dengan early warning system, responsif, koordinasi serta konten counter issue. Aktivitas Media Monitoring ini sejalan dengan konsep media monitoring yang dikemukakan oleh William J. Comcowich, yang menekankan pentingnya proses identifikasi, analisis, dan evaluasi terhadap pemberitaan serta membantu perusahaan menjaga citra positif dan merespons isu publik secara strategis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Monitoring; Public Relations; Opini Publik; PT Kereta Api Indonesia; Media
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Process > Public Opinion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Diva Aulia Salsabila
Date Deposited: 23 May 2025 03:03
Last Modified: 23 May 2025 03:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108258

Actions (login required)

View Item View Item