Alifah, Salma Nur (2025) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) dan Think Pair Share (TPS) berbantuan media flashcard matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir statistik dan Self confidence. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (319kB) | Preview |
|
![]() |
Text (PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
Pernyataan.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
bab 1.pdf Download (596kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIAN)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir statistik dan self confidence dibutuhkan oleh peserta didik untuk tidak hanya fokus pada transfer konsep, tetapi juga mampu mendorong partisipasi aktif dan meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui proses pembelajaran matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe GQGA; (2) mengetahui proses pembelajaran matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS; (3) mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan statistik antara siswa yang menggunakan model Kooperatife Tipe GQGA berbantuan media flashcard matematika dengan siswa yang menggunakan model Kooperatife Tipe TPS dan (4) mengetahui self confidance siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe GQGA dan TPS berbantuan media flashcard matematika. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Nugraha Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sampel penelitian yaitu kelas VII-A dan kelas VII-D sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dan non tes. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa: Proses pembelajaran matematika dengan model GQGA berbantuan media flashcard menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru yang sangat baik , namun aktivitas peserta didik tergolong cukup, Pada model TPS berbantuan media flashcard, keterlaksanaan aktivitas guru sangat baik dan aktivitas peserta didik juga tergolong sangat baik, Kemampuan berpikir statistik siswa pada kelas TPS terdapat perbedaan dengan kelas GQGA dan Self confidence siswa pada model GQGA menunjukkan respons negatif pada sebagian besar indikator, sedangkan pada model TPS menunjukkan respons positif pada seluruh indikator.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Statistik; self confidence; Giving Question And Getting Answer (GQGA); Think Pair Share (TPS); flashcard |
Subjects: | Education > Statistic of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Salma Nur Alifah |
Date Deposited: | 26 May 2025 01:29 |
Last Modified: | 26 May 2025 01:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |