Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) dan Think Pair Share (TPS) berbantuan media flashcard matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir statistik dan Self confidence

Alifah, Salma Nur (2025) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) dan Think Pair Share (TPS) berbantuan media flashcard matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir statistik dan Self confidence. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
Pernyataan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text (LAMPIAN)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan berpikir statistik dan self confidence dibutuhkan oleh peserta didik untuk tidak hanya fokus pada transfer konsep, tetapi juga mampu mendorong partisipasi aktif dan meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui proses pembelajaran matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe GQGA; (2) mengetahui proses pembelajaran matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS; (3) mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan statistik antara siswa yang menggunakan model Kooperatife Tipe GQGA berbantuan media flashcard matematika dengan siswa yang menggunakan model Kooperatife Tipe TPS dan (4) mengetahui self confidance siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe GQGA dan TPS berbantuan media flashcard matematika. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Nugraha Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sampel penelitian yaitu kelas VII-A dan kelas VII-D sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dan non tes. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa: Proses pembelajaran matematika dengan model GQGA berbantuan media flashcard menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru yang sangat baik , namun aktivitas peserta didik tergolong cukup, Pada model TPS berbantuan media flashcard, keterlaksanaan aktivitas guru sangat baik dan aktivitas peserta didik juga tergolong sangat baik, Kemampuan berpikir statistik siswa pada kelas TPS terdapat perbedaan dengan kelas GQGA dan Self confidence siswa pada model GQGA menunjukkan respons negatif pada sebagian besar indikator, sedangkan pada model TPS menunjukkan respons positif pada seluruh indikator.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Statistik; self confidence; Giving Question And Getting Answer (GQGA); Think Pair Share (TPS); flashcard
Subjects: Education > Statistic of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Salma Nur Alifah
Date Deposited: 26 May 2025 01:29
Last Modified: 26 May 2025 01:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108278

Actions (login required)

View Item View Item