Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi nilai-nilai keislaman terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi sistem pernapasan

Sutrisman, Salma Nursabila (2025) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi nilai-nilai keislaman terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi sistem pernapasan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PLAGIARISME)
SUKET CEK PLAGIARISME - SALMA NS.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya keterampilan komunikasi siswa pada saat pembelajaran menjadikan siswa kesulitan mengaitkan ide-ide materi dengan masalah atau peristiwa di sekitar. Dengan demikian keterampilan komunikasi masih perlu ditingkatkan agar siswa dapat menyampaikan ide atau gagasan, upaya membentuk pemahaman dan mempertahankan makna sebagai implementasi kemampuan dan keterampilan siswa dalam pembelajaran abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi nilai-nilai keislaman terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi sistem pernapasan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen menggunakan desain pretest postest control group. Teknik pengambilan data pada penelitian ini yaitu test objektif dan lembar observasi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis kuantitatif. Data hasil keterampilan komunikasi tulisan berupa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu sebesar 59 dan 79, sedangkan nilai rata pretest dan posttest kelas kontrol sebesar 58 dan 65. Adapun hasil penelitian keterampilan komunikasi siswa menunjukkan hasil uji Mann Whitney yang dihasilkan yaitu nilai Asymp.Sig (2-talled) sebesar 0,001 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi nilai-nilai keislaman berpengaruh positif dan dalam kriteria kuat terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi sistem pernapasan kelas XI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman; Keterampilan Komunikasi; Sistem Pernapasan
Subjects: Knowledge
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Education, Research
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Personal Health, Hygiene > Physical Fitness
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Salma Nursabila Sutrisman
Date Deposited: 27 May 2025 06:53
Last Modified: 27 May 2025 06:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108394

Actions (login required)

View Item View Item