Sutrisman, Salma Nursabila (2025) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi nilai-nilai keislaman terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi sistem pernapasan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (PLAGIARISME)
SUKET CEK PLAGIARISME - SALMA NS.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (622kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya keterampilan komunikasi siswa pada saat pembelajaran menjadikan siswa kesulitan mengaitkan ide-ide materi dengan masalah atau peristiwa di sekitar. Dengan demikian keterampilan komunikasi masih perlu ditingkatkan agar siswa dapat menyampaikan ide atau gagasan, upaya membentuk pemahaman dan mempertahankan makna sebagai implementasi kemampuan dan keterampilan siswa dalam pembelajaran abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi nilai-nilai keislaman terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi sistem pernapasan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen menggunakan desain pretest postest control group. Teknik pengambilan data pada penelitian ini yaitu test objektif dan lembar observasi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis kuantitatif. Data hasil keterampilan komunikasi tulisan berupa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu sebesar 59 dan 79, sedangkan nilai rata pretest dan posttest kelas kontrol sebesar 58 dan 65. Adapun hasil penelitian keterampilan komunikasi siswa menunjukkan hasil uji Mann Whitney yang dihasilkan yaitu nilai Asymp.Sig (2-talled) sebesar 0,001 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi nilai-nilai keislaman berpengaruh positif dan dalam kriteria kuat terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi sistem pernapasan kelas XI.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning; Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman; Keterampilan Komunikasi; Sistem Pernapasan |
Subjects: | Knowledge Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Education, Research Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Personal Health, Hygiene > Physical Fitness |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Salma Nursabila Sutrisman |
Date Deposited: | 27 May 2025 06:53 |
Last Modified: | 27 May 2025 06:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108394 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |