Syaifurrahman, Syaifurrahman (2025) Pengembangan bahan ajar Durus Lughah Al-Arabiyyah 'Ala At-Thariqah Al-Haditsah : Penelitian di Pesantren Islam Hidayatunnajah Bekasi dan Pondok Hamalatul Qur'an Karawang. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (CAPER)
Coper Desertasi bhs Arab.pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) |
|
![]() |
Text (ABSTRAK)
Abstrak b Arab ok.pdf Restricted to Registered users only Download (744kB) |
|
![]() |
Text (SUKET PLAGIARISME)
Surat Keteranga Plagerisme.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I Desertasi.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II Desertasi.pdf Restricted to Registered users only Download (853kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III Desertasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV Desertasi.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V Desertasi.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka Desertasi.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Download (184kB) | Preview |
Abstract
Syaifurrahman, Pengembangan Bahan Ajar Durus Al-Lughah Al-Arabiyyah ‘Ala At-Thariqah Al-Haditsah diperlukan karena beberapa hal, dantaranya; (1) sistimatika penulisan kurang, (2) tujuan pembelajaran belum ada, (3) contoh yang kurang kekinian, dan (4) kosa kata ketinggalan zaman. (Penelitian Di Pondok Pesantren Hidayatunnajah Bekasi & Pondok Hamalatul Qur’an Karawang Jawa Barat), Desertasi, Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Durus Al-Lughah Al-Arabiyyah ‘Ala At-Thariqah Al-Haditsah yang menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan dalam pembelajaran di kelas untuk diterapkan dikehidupan sehari-hari dengan menggunakan tiga bahasa yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan terutama bahasa Arab, berikut fokus penelitian ini; 1) Bagaimana Realitas Durus Al-Lughah Al-Arabiyyah ‘Ala At-Thariqah Al-Haditsah sebagai bahan ajar di Pesantren Islam Hidayatunnajah Bekasi dan Pondok Hamalatul Qur’an Karawang?, 2) Bagaimana Desain pengembangan Durus Al-Lughah Al-Arabiyyah ‘Ala At-Thariqah Al-Haditsah sebagai bahan ajar di Pesantren Islam Hidayatunnajah Bekasi dan Pondok Hamalatul Qur’an Karawang?, 3) Bagaimana Implementasi pengembangan Durus Al-Lughah Al-Arabiyyah ‘Ala At-Thariqah Al-Haditsah sebagai bahan ajar di Pesantren Islam Hidayatunnajah Bekasi dan Pondok Hamalatul Qur’an Karawang?, 4) Bagaimana Efektifitas Implementasi Durus Al-Lughah Al-Arabiyyah ‘Ala At-Thariqah Al-Haditsah sebagai bahan ajar di Pesantren Islam Hidayatunnajah Bekasi dan Pondok Hamalatul Qur’an Karawang?. Metodelogi yang digunakan dalam pnelitian ini yaitu metode research and depelovment (R&D), dengan menggunakan pendekatan campuran (mixced methods research), sedangkan model desain penelitian ini menggunakan ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate), model ini dapat digunakan sebagai pengembangan produk seperti bahan ajar, media, startegi pembelajaran, dan metode pembelajaran. Hasil penegmbangan Durus Al-Lughah Al-Arabiyyah ‘Ala At-Thariqah Al-Haditsah sebagai bahan ajar di Pesantren Islam Hidayatunnajah Bekasi dan Pondok Hamalatul Qur’an Karawang dalam penelitian ini sebagai berikut ini: 1) Realita bahan ajar yang ada sangat diperlukan pengembangan agar tetap digunakan diberbagai pondok pesantren di Indonesia lebih khusus pondok pesantren alumni Gontor yang memiliki ikatan erat dengan penulis bahan ajar yang sedang deikembangkan, 2) Pengembangan bahan ajar yang dimaksud adalah: sistimatis penulisan kurang efektif, tujuan bahan ajar tiap bab yang belum tersedia, contoh-contoh kurang kekinian, kosa kata ketinggalan zaman, 3) Implementasi bahan ajar dilaksanakan di Pesantren Isalm Hidayatunnajah Bekasi dan Pondo Hamalatul Qur’an Karawang dari bulan juli-desember 2023, guru dan santri serta yang terlibat dalam proses penelitian ini sangat termotivasi dan bersemangat untuk terus menggunakan bahan ajar yang dikembangkan, 4) Efektifitas Implentasi bahan ajar yang dilaksanakan di 2 pondok itu sangat efektif dan membanggakan dengan Hasil tes evaluasi.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar; Durus Al-Lughah Al-Arabiyah; 'Ala At-Thariqah Al-Haditsah; Desertasi |
Subjects: | Bahasa Arab |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | syaifurrahman syaifurrahman |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 02:30 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 02:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |