Syaripulloh, Syaripulloh (2025) Pengaruh manajemen Kurikulum Merdeka terhadap mutu pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (52kB) |
![]() |
Text
Lembar Pernyataan .pdf Download (247kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kemunculan berbagai macam teknologi semakin memudahkan perkembangan jaman, menyebabkan perubahan pada kurikulum madrasah. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Kementrian pendidikan budaya ristek guna mengatasi permasalahan yang ada ialah mencanangkan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan bakat anak sejak dini dengan berfokus pada materi esensial, pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Namun, pada pelaksanaannya guru mengalami kesulitan dalam penerapan kurikulum merdeka, sehingga dibutuhkan manajemen kurikulum merdeka untuk mengoptimalkan penerapan kurikulum tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Bandung, untuk mengetahui mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Bandung, untuk mengetahui pengaruh manajemen kurikulum merdeka terhadap mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Bandung Penelitian ini menggunakan metode survei dan pendekatan kuantitatif berjenis korelasi yang dilakukan terhadap 62 orang pendidik yang sudah melakukan pelatihan kurikulum merdeka. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Analisis data dilakukan dengan tahapan uji instrumen untuk mengetahui validitas dan reabilitas kuesioner, uji analisis parsial per indikator, uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas, serta uji hubungan atau korelasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa hubungan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan keberhasilan penerapan kurikulum merdeka menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti adanya pengaruh secara signifikan antara Pengaruh Manajemen Kurikulum Merdeka Terhadap Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (Penelitian pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kota Bandung). Kemudian diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,205 memiliki kekuatan cukup baik. Adapun jenis hubungan dalam penelitian ini memperoleh hasil pearson correlation sebesar 0,205 yang bersifat positif (+) tanpa adanya sifat negatif (-) di depan angka tersebut. Selanjutnya nilai koefisien determinasi (R Square) memperoleh presentase sebesar 20,5%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Kurikulum Merdeka; Mutu Pendidikan; Madrasah Ibtidaiyah; Kota Bandung; Manajemen Pendidikan; Sekolah Penggerak; Kompetensi Guru; Evaluasi Kurikulum; Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Syarip ulloh |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 06:33 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 06:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108626 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |