Zakiyyah, Salma (2025) Penerapan media pembelajaran Leaflet untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA : Penelitian quasi eksperimen di kelas IV MI Matla'ul Atfal Cilengkrang II, Cibiru, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini didasari dari permasalahan yang di Madarasah Ibtidaiyah Matla’ul Atfal dengan observasi yang dilakukan di kelas IV menunjukkan hasil belajar siswa rata-rata kelas IV-A adalah 34 dan IV-B adalah 39 masih kurang dari KKM. Dapat diketahui bahwa permasalahan hasil belajar siswa kelas IV berada dalam kategori yang tidak baik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa sebelum dan setelah penggunaan media pembelajaran Leaflet serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penggunaan media pembelajaran Leaflet pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV. Media Pembelajaran Leaflet adalah media cetak yang berbentuk selembaran tentu memiliki fungsi untuk menyampaikan suatu informasi atau pesan dengan lembaran yan dapat dilipat, isi dalam informasi atau materi dapat berupa gambar ataupun kalimat dan bisa dikombinasikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode Quasi Eksperimen desain non-random group assignment. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes tulis, dan dokumentasi. Pada tes tulis untuk dapat mengukur hasil belajar siswa melalui pretest dan postest pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hasil penetitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan nilai rata-rata pretest yang diperoleh 39 yaitu maka dapat digolongkan sebagai kategori yang “Sangat Tidak Baik”. Adapun hasil belajar kognitif siswa setelah diberikan pelakuan nilai rata-rata postest yang diperoleh 70 dapat dikelompokan sebagai kategori yang “Baik”. Hasil pada penguian hipotesis dengan melakukan Uji T-Bebas ditunjukkan setelah melakukan pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran Leaflet menjadi lebih baik. Nilai Sig.(1-tailed) senilai 0,048 < 0,05 maka H0 ditolak dan Hα diterima sehingga penerapan media pembelajaran lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV MI Matla’ul Atfal. Adapun Hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan N-gain sebesar 0,47 dan kelas control sebesar 0,34. Hal ini berarti peningkatan hasil belajar siswa termasuk kategori “Sedang”.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Leaflet; Hasil Belajar; Mata Pelajaran IPA |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Public Schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Salma Zakiyyah |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 03:22 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 03:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108637 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |