Pengaruh working capital turnover dan inventory turnover terhadap return on investment (ROI): Studi pada sektor industri otomotif yang terdaftar di BEI periode 2000-2014

Sari, Ayu Juliani (2016) Pengaruh working capital turnover dan inventory turnover terhadap return on investment (ROI): Studi pada sektor industri otomotif yang terdaftar di BEI periode 2000-2014. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)

Abstract

Rasio profitabilitas yang diwakili oleh Return On Investement (ROI) merupakan rasio yang menunjukkan hasil (return) atas jumlah aktiva yang digunakan dalam perusahaan. Rasio aktivitas merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur efektivitas perusahaan dalam menggunakan aktiva yang dimilikinya. Rasio aktivitas yang digunakan adalah Working capital turnover (WCTO) dan Inventory Turnover (ITO). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Working Capital Turnover dan Inventory Turnover terhadap profitabilitas yang di ukur menggunakan Return On Investment (ROI) baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian dilakukan pada perusahaan yang bergerak di sektor industri otomotif pada tahun 2000-2014 yakni sebanyak 14 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) yang di publikasi oleh Bursa Efek Indonesia pada periode 2000-2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif, yang menggambarkan analisis suatu hasil yang kemudian menguji hipotesis dari data dan fakta yang ada. Tekhnik analisis yang digunakan adalah regresi data panel dan uji hipotesis, dengan menggunakan Uji-t dan Uji-F dengan tingkat signifikansi 0.05 (5%) dan Koefisien Determinasi (R2). Analisis data menggunakan aplikasi komputer pengolahan data panel yaitu Eviews version 7. Metode yang digunakan dalam regresi data panel menggunakan Random Effect Method. Hasil uji secara parsial (Uji-t) menunjukkan bahwa variabel Working Capital Turnover tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Return On Investment, sedangkan Inventory Turnover berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Investment (ROI). Hasil uji secara simultan (Uji-F) menunjukkan bahwa variabel Working Capital Turnover dan Inventory Turnover berpengaruh signifikan terhadap Return On Investment (ROI). Hasil uji determinasi (R2) sebesar 0,060898 atau 6.08%, sedangkan sisanya sebesar 93.92% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti. Dapat disimpilkan bahwa tingkat hubungan antar variabel sangat lemah (0 – 19,99%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Working Capital Turnover; Inventory Turnover; Return On Investment
Subjects: Customs of People > Organization and Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 09 Jul 2018 03:08
Last Modified: 09 Jul 2018 03:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10870

Actions (login required)

View Item View Item