Pola interaksi Rasulullah dengan anak-anak perspektif Hadis

Raihan, Bunaya Rauh (2025) Pola interaksi Rasulullah dengan anak-anak perspektif Hadis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (131kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI.pdf

Download (139kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB I)
5_BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text (BAB II)
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text (BAB III)
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text (BAB V)
9_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup seorang diri dan selalu memerlukan orang lain untuk berinteraksi. Demikian juga dengan orang tua dan anak-anak perlu untuk berinteraksi agar terjalin hubungan yang harmonis. Rasululloh Saw merupakan teladan yang baik bagi umat Islam. Meneladani Rasulullah SAW dalam membesarkan anak dapat menjadi pedoman bagi orang tua dalam membentuk karakter anaknya. Bentuk teladan Rasululloh ini dapat ditelusuri dari hadis-hadis yang terdapat dalam kitab-kitab hadis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hadis-hadis yang berkaitan dengan pola interaksi Rasululloh dengan anak-anak. Juga untuk mengetahui pola interaksi Rasululloh SAW dalam hadis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah interaksi sosial yaitu terdapat dua individu atau lebih untuk dapat berinteraksi setiap individu saling mempengaruhi satu sama lain melalui aksi dan reaksi mereka. Interaksi sosial memiliki dua jenis yaitu pertama Interaksi sosial asosiatif dalam kerjasama, akomodasi, asimilasi, akulturasi dan dua Interaksi sosial disosiatif dalam bentuk persaingan, kontravensi, pertikaian, konflik. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan hadist tematik, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu kitab induk hadis yang mu’tabar yaitu kutubu tis’ah serta kitab kitab syarah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan dalam pengumpulan data dengan mengkaji beberapa hadis, kemudian menganalisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, penarikan/verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian ini ada Hadis-hadis yang menjelaskan tentang pola interaksi Rasululloh SAW dengan anak-anak yang didapatkan adalah hadis-hadis yang berkualitas shohih. Hadis pertama menjelaskan tentang interaksi Rasululloh Saw dengan cara bermain dengan anak-anak yang terdapat dalam kitab Shohih Bukhori nomor 1671. Hadis yang kedua menjelaskan tentang mendidik dan melatih anak-anak tentang nilai-nilai ibadah dalam agama. Hadisnya terdapat pada kitab Shohih Muslim nomor 1919. Hadis yang ketiga menjelaskan tentang Rasululloh memberikan kasih sayang kepada anak-anak, hadis tersebut terdapat dalam kitab shohih Bukhori nomor 5538. Pola interaksi Rasululloh Saw dengan anak-anak adalah termasuk ke dalam pola interaksi asosiatif, yaitu pola interaksi sosial yang positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: ilmu hadits; pola interaksi rasulullah; anak-anak;
Subjects: Al-Hadits dan yang Berkaitan > Ilmu Hadits
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Cerita-cerita Hadits
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Islam tentang Agama dan Aliran Lain, Hubungan Islam dengan Agama dan Aliran Lain
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Hadits
Depositing User: Raihan Bunaya Rauh
Date Deposited: 05 Jun 2025 00:35
Last Modified: 05 Jun 2025 00:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108708

Actions (login required)

View Item View Item