Implementasi metode Nurul Bayan dalam meningkatkan kualitas bacaan Alquran dan kitabah Alquran peserta didik: Penelitian di Sekolah Dasar Islam Terpadu Sains Bandung Barat

Hardiyansah, Darius (2023) Implementasi metode Nurul Bayan dalam meningkatkan kualitas bacaan Alquran dan kitabah Alquran peserta didik: Penelitian di Sekolah Dasar Islam Terpadu Sains Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
COVER TESIS HASIL REVISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
WhatsApp Image 2025-06-04 at 10.04.53_fa5fe88c.pdf

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi (10).pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB I)
Bab 1 tesis jumat D pdf.pdf

Download (259kB)
[img] Text (BAB II)
Tesis Bab II Revisi jumaat D pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text (BAB III)
TESIS BAB 3 JUMAT Darius PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV (4) TESIS 14 (1) jumat D PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V 5 Revisi Jumat pDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftas Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran Daftar Informan darius.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Instrumen Tesis Nurul Bayan JUMAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
TRANSKIP WAWANCARA UST DARIUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu proses pembelajaran masih belum sesuai dengan tujuan pembelajaran di SDIT Sains Bandung Barat. Masalah belajar masih cenderung mendominasi sebagai masalah utama seperti kurangnya motivasi belajar dan hasil belajar yang relatif kurang memuaskan. Penggunaan metode pembelajaran konvensional masih digunakan guru sehingga mempengaruhi terhadap kualitas aktivitas belajar siswa. Sehingga, penerapan metode yang tepat menjadi solusi utama dalam mengatasi masalah tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis program, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat, serta hasil dari Implementasi metode nurul bayan dan kitabah alQuran di SDIT Sains Bandung Barat. Berdasarkan Teori Syekh Abdurrahman Metode Nurul Bayan pada dilakukan dengan 3 unsur yang pertama yaitu At-Tahdir (pengenalan materi), At-Tamkin (pematangan materi), Al-Murojaah (pengulangan materi Adapun Penelitian ini menggunakan metode deskripsif. Metode deskriptif adalah metode yang bermaksud untuk membuat gambaran mengenai situasi-situasi atau kejadian-kejadian dan mengakumulasikan data dasar dalam cara deskriptif dan berupaya untuk menjelaskan dan menganalisis lebih mendalam tentang fakta dan fenomena yang bersifat empiris. Hasil Penelitian ini adalah 1) Perencanaa program kegiatan pembelajaran metode nurul bayan dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Quran dan kitabah Al-Quran di SDIT Sains Bandung Barat bertujuan membentuk siswa siswi yang membacal al-Qur’an dengan kualitas bacaan yang fasih sesuai kaidah metode nurul bayan dan kitabah Al-Quran 2) pelaksanaan metode nurul bayan dan kitabah Al-Quran di SDIT Sains Bandung Barat yaitu: a) semangat, dilihat dari kondisi siswa dalam pembelajaran metode nurul bayan sangat antusias dan bersemangat b) disiplin, disiplin, setiap guru membacakan serta menjelaskan, sedangkan siswa menyimak pada kitab nurul bayan /al-qur’an. Kemudian siswa membaca bersama-sama beberapa kali setelah itu kitabah dengan memindahkan tulisan di kitab nurul bayan ke buku tulis setelah selesai kitabah dinilai oleh guru c) bertanggung jawab, menyadari kewajibannya d) motivasi 3) Evaluasi pelaksanaan program Kegiatan Pembelajaran Metode Nurul Bayan dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan dan kitabah Al-Quran di SDIT Sains Bandung Barat dilihat dari buku evaluasi harian, monitoring, keseharian siswa, ujian tengah/akhir semester. 4) Faktor Pendukung dan penghambat dalam Implementasi Metode Nurul Bayan dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Quran dan Kitabah Al-Quran Peserta Didik Di SDIT Sains Bandung Barat adalah faktor internal dan eksternal. 5) Hasil Implementasi Metode Nurul Bayan dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Quran dan Kitabah Al-Quran Peserta Didik Di SDIT Sains Bandung Barat adalah peserta didik memiliki kualitas membaca Al-Quran yang fashih dan sesuai dengan kaidah ilmu tajwid serta memiliki keterampilan kitabah yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Islam > Serial Publications of Islam
Islam Umum
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Studi Agama Agama
Depositing User: Ahmad Rifai
Date Deposited: 04 Jun 2025 07:07
Last Modified: 04 Jun 2025 07:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108736

Actions (login required)

View Item View Item