Sunandar, Alifia Putri (2025) Penggunaan metode pembelajaran Gallery Walk untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran PAI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), yang ditandai dengan minimnya partisipasi dalam diskusi, rendahnya keberanian mengemukakan pendapat, dan ketergantungan pada metode ceramah yang cenderung membuat siswa pasif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penggunaan metode pembelajaran Gallery Walk. Metode ini dipilih karena diyakini mampu menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, kolaboratif, dan menyenangkan, sehingga siswa lebih terlibat secara fisik maupun mental dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII di salah satu SMP di SMP Negeri 1 Cileunyi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi aktivitas siswa, wawancara guru dan siswa, serta dokumentasi proses pembelajaran. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk melihat perkembangan aktivitas belajar siswa pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Gallery Walk mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa secara signifikan. Aktivitas siswa dalam mengamati materi, berdiskusi dengan teman kelompok, bertanya kepada guru, dan menyampaikan pendapat mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Selain itu, metode ini juga meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran. Siswa terlihat lebih antusias, interaktif, dan menunjukkan minat yang lebih besar terhadap materi pembelajaran. Kesimpulannya, metode Gallery Walk efektif digunakan dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Oleh karena itu, guru disarankan untuk menerapkan metode ini sebagai alternatif inovatif dalam merancang proses pembelajaran yang lebih partisipatif dan menyenangkan. Lembaga pendidikan juga perlu memberikan dukungan dalam bentuk pelatihan atau workshop agar guru-guru lebih terampil dalam menerapkan berbagai metode aktif dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Gallery Walk;Aktivitas Belajar; Pendidikan Agama Islam; Pembelajaran Aktif |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Analysis, Theory of Functions |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Alifia Alifia Putri Sunandar |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 03:40 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 03:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108843 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |